Matrix jadi pusat kendali peralatan smart home

Matrix jadi pusat kendali peralatan smart home

Techno.id - Dewasa ini, hampir semua peralatan gadget terhubung dengan internet. Namun, semuanya berdiri sendiri, atau dalam artian mereka menjalankan tugasnya sendiri-sendiri. Jadi, pengguna harus mengeceknya satu persatu. Nah, di sinilah Matrix muncul berperan sebagai pemersatu semua perangkat gadget tersebut.

Matrix merupakan perangkat pintar pusat kendali smart home yang dirancang dengan 15 sensor canggih dan lebih dari 32.000 kombinasi sensor. Beberapa sensor tersebut di antaranya, sensor suara, kamera, suhu, cahaya, kelembaban, tekanan, accelerometer, barometer, giroskop, dan altimeter.

Dari segi desain, Matrix terlihat minimalis dan bisa ditempatkan di mana saja. Perangkat ini tidak terlalu besar yakni seukuran telapak tangan orang dewasa. Perangkat dengan hiasan LED pelangi ini juga dapat dipasang di dinding ataupun diletakkan di meja menggunakan kaki penyangga, seperti yang disadur dari DigitalTrends (13/11/2015).

Selain itu, Matrix juga dapat dihubungkan dengan teknologi (IoT) Internet of Things yang menyatukan semua perangkat. Matrix dapat menghubungkan semua perangkat menggunakan sebuah aplikasi IoT. Bisa dibilang, Matrix itu seperti toko aplikasi smartphone yang memiliki jutaan aplikasi. Hal ini memang benar karena Matrix memiliki ratusan aplikasi IoT yang dapat berjalan bersamaan pada satu perangkat Matrix.

Saat ini, Matrix sedang menggalang dana sekitar Rp 1,3 miliar di Kickstarter. Jika Anda berminat dengan perangkat ini, Anda bisa ikut menyumbangkan dana mulai dari Rp 68.500 hingga Rp 102 juta. Nantinya, Matrix akan dipasarkan dengan harga sekitar Rp 2,7 juta pada bulan Mei tahun 2016.

(brl/red)