Lebih jauh tentang digital zoom pada kamera ponsel

Lebih jauh tentang digital zoom pada kamera ponsel

Techno.id - Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa kamera-kamera ponsel masa kini dibekali dengan image sensor berukuran besar. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang memilih smartphone sebagai sarana untuk mengabadikan momen tanpa harus repot membawa kamera.

Kamera pada ponsel tak dibekali dengan lensa seperti yang terdapat pada kamera DSLR, atau mirrorless. Memang kamera tersebut bisa melakukan zoom, namun berbeda dengan kamera lain yang dibekali dengan piranti optical zoom, kamera pada ponsel hanya dibekali dengan digital zoom.

Lebih jauh tentang digital zoom pada kamera ponsel

Ilustrasi memotret dengan kamera ponsel
2016 en.wikipedia.org/en.wikipedia.org

Artinya, saat Anda melakukan zoom menggunakan kamera ponsel, tak ada yang berubah atau bergerak dari lensanya, ponsel hanya memperbesar gambar lalu melakukan cropping saja. Tentu saja foto yang dihasilkan akan sangat berbeda dengan optical zoom.

Hasil foto dengan digital zoom akan mengakibatkan gambar yang dihasilkan pecar, atau ketajamannya berkurang. Itulah sebabnya, saat Anda memotret menggunakan kamera ponsel dan merasa bahwa objeknya kurang dekat, yang harus dilakukan adalah mendekatkan kamera pada objek, dan bukan melakukan digital zoom karena hanya akan menurunkan resolusi serta kualitas gambar saja.

(brl/red)