"Kite", prosesor masa depan ala ARM

"Kite", prosesor masa depan ala ARM

Techno.id - Pabrikan semikonduktor dunia asal Inggris, ARM, baru saja meluncurkan prosesor yang disebut-sebut sebagai pengembangan dari seri ARMv8-R. Prosesor dengan codenamed "Kite" ini diklaim akan menjadi partner yang tepat bagi segala jenis perangkat mobile.

Sebagaimana dilansir oleh Softpedia (23/7/15), prosesor ini kabarnya akan mengusung beberapa fitur baru, salah satunya adalah mode Hypervisor "bare metal". Mode tersebut kabarnya memungkinkan programmer nantin bisa menggabungkan sistem operasi yang berbeda, aplikasi, dan tugas real-time pada prosesor tunggal sementara memastikan isolasi yang ketat.

Selain itu, prosesor ini dikabarkan bakal menjadi salah satu prosesor yang 'ramah mesin' karena dibekali dengan fitur-fitur canggih yang cukup mumpuni. Fitur-fitur tersebut antara lain adalah aplikasi otomotif Advanced Driver Assistance Systems dan Human-Machine Interface yang diklaim bakal meningkatkan fleksibilitas dan kinerja dari prosesor ini.

Tak ketinggalan, si "Kite" juga bakal dibekali dengan mikrokontroler yang dapat mendukung tampilan antarmuka grafis berbasis Linux dan juga di sisi lain dapat secara real time mengontrol beban kerja operasi untuk mengendalikan mesin atau kendaraan. Bahkan, pihak ARM juga menyebutkan bahwa prosesor ini nantinya dapat digunakan untuk mengintegrasikan Sistem Operasi Linux dengan Real Sistem Operasi.

Pihak ARM mengungkapkan, bisa jadi ketika perangkat ini diluncurkan ke pasaran, Anda bisa secara tak sengaja bakal menemukannya pada kendaraan bermotor Anda, mesin cuci, microwave, Smart TV, smartphone, sound system, mesin pengolah kopu, kamera, dan segala jenis perangkat yang telah mendukung LED atau LCD.

(brl/red)