CONNECT WITH US
Denny Mahardy |
 19 April 2016 20:00

Kamera smartphone makin canggih, kamera compact tergusur?

Kehadiran fitur kamera di smartphone memang mempengaruhi bisnis kamera saku.

Kamera smartphone makin canggih, kamera compact tergusur?

Techno.id - Fitur kamera sudah menjadi salah satu fitur wajib yang disematkan dalam smartphone. Bahkan, teknologi yang dibenamkan ke smartphone semakin canggih dengan segenap penyesuaian untuk menjawab kebutuhan pasar.

Diakui Larry Handra selaku Marketing Manager Nikon Indonesia mengaku kehadiran fitur kamera di smartphone memang mempengaruhi bisnis yang dilakoni perusahaannya, khususnya di kategori kamera compact atau kamera saku.

"Pengaruh ya ada, tapi gak terlalu besar. Kita sendiri yang mengurangi line-up produk di sisi kamera compact, dari yang tadinya setahun bisa luncurkan 12 model sekarang kita sediakan 8 model saja setahun," jelas Larry.

Kamera saku besutan Nikon
© 2016 techno.id/Denny Mahardy

Lebih lanjut, Larry menyatakan, perusahaannya masih bakalan terus menghadirkan kamera compact ke pasaran di tengah gempuran smartphone berkamera super.

"Gak mungkin kita tinggalkan pasar kamera compact. Malahan kita sedang siapkan kamera compact premium yang bakalan melengkapi line up produk kamera Nikon di pasar dunia, termasuk Indonesia dalam beberapa bulan ke depan," tambah Larry.

Saat ini, menurut data GfK, Nikon mendominasi pasar kamera secara keseluruhan dengan penguasaaan 42 persen. Sedangkan di kategori kamera mirrorless, Nikon menguasai pasar sebesar 15 persen dan menargetkan bakalan meningkat menjadi 25 persen di akhir tahun ini.

 

WHAT TO READ NEXT ?