CONNECT WITH US
Denny Mahardy |
 19 April 2016 19:00

Mirrorless Nikon masuki Indonesia, tak sampai Rp 5 juta

Nikon 1 J5 diklaim bakalan memenuhi segala ekspektasi yang diharapkan para fotografer pemula maupun kalangan muda.

Mirrorless Nikon masuki Indonesia, tak sampai Rp 5 juta

Techno.id - Nikon secara resmi merilis dua produk terbarunnya di ranah kamera digital Indonesia. Kedua produk dari Nikon ini menyasar segmen pasar berbeda, DSLR D5 untuk kelas profesional dan Nikon 1 J5 bagi para fotografer pemula.

"Nikon D5 itu dihadirkan buat fotografi profesional seperti wedding dan lain-lain. Nah, kalau Nikon 1 J5 pas buat para youngster atau fotografer pemula yang ingin memiliki kamera berfitur lengkap dengan harga yang miring," jelas Johnny Hendarta, fotografer profesioonal.

Saat ini, Nikon D5 jadi kamera DSLR yang menududuki posisi puncak di Nikon bagi fotografer profesional. D5 juga dilengkapi kemampuan pengaturan ISO hingga tiga juta dan fitur menarik lainnya, misalnya sistem auto-focus, kemampuan merekam dengan resolusi 4K, tingkat resolusi 20,8 megapiksel.

Peluncuran Nikon 1 J5 dan Nikon D5
© 2016 techno.id/Denny Mahardy

Kamera ini dibekali image processor Expeed 5 yang mampu menangkap hasil foto dengan baik dan dibanderol seharga mobil, Rp 80 juta. Bahkan, kamera profesional ini memungkinkan dapat menangkap 12 frame per detiknya dan merekam di resolusi 4K 30fps.

Sedangkan Nikon 1 J5 diklaim bakalan memenuhi segala ekspektasi yang diharapkan para fotografer pemula maupun kalangan muda. Prosesor di kamera ini memakai seri Expeed 5A yang hampir sama dengan prosesor di Nikon D5. Wajar bila kemudian Johnny memakai Nikon 1 J5 sebagai kamera pendamping di segala aktivitasnya.

"Ini kamera bodinya kecil, tapi soal kekuatan lengkap banget. Prosesornya pakai Expeed 5A, varian dari prosesor yang dipakai Nikon D5. Kelebihan lain, flash di kamera ini bisa diatur secara manual biar gak over-expossure," jelas Johnny lagi.

Nikon 1 J5 memakai layar sentuh berukuran tiga inci yang bisa diputar hingga 180 derajat yang sangat memanjakan penyuka selfie, tanpa view-finder. Soal lensa, mirrorless dari Nikon ini dilengkapi lensa standar 30-100 mm yang setara 81-270 mm dari kamera DSLR.

Nikon D5
© 2016 techno.id/Denny Mahardy

Sedangkan ukuran sensornya 1 inci dan crop factor 2,7 kali dan resolusi 20,8 megapiksel membuat hasil gambar semakin tajam. Image processor menggunakan expeed 5A yang dapat menghasilkan mengambil gambar 60 frame per detiknya.

Meskipun fiturnya cukup lengkap, Nikon 1 J5 ternyata dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. "Masuk ke Indonesia produk ini banderolnya gak akan sampai Rp 5 juta, cukup terjangkau," kata Larry Handra, Marketing Manager Nikon.

 

WHAT TO READ NEXT ?