Ironis, ponsel tiruan merek Xiaomi sangat banyak di Tiongkok!

Ironis, ponsel tiruan merek Xiaomi sangat banyak di Tiongkok!

Techno.id - Makin tinggi sebuah pohon, makin kencang pula angin yang menerjangnya. Ya, itulah situasi yang dialami Xiaomi saat ini. Manisnya reputasi mereka di pasar smartphone global ternyata membuat produk tiruan mereka menjamur. Ironisnya, hal ini malah terjadi di tanah kelahiran mereka, Tiongkok.

Seperti dikutip dari GforGames.com (09/07/15), adalah aplikasi benchmark ternama Android, AnTuTu, yang berhasil mengungkap fakta ini. Menurut mereka, setidaknya, ada 30,96 persen populasi ponsel palsu berlabel Xiaomi dari Negeri Tirai Bambu. Tak cuma itu, ponsel mereka juga menempati tiga posisi teratas tipe ponsel pintar yang banyak ditiru, yakni Mi Note (31,82 persen), Redmi Note (12 persen), serta Mi3 (9,39 persen).

Xiaomi tak sendiri menanggung masalah ini. Sebab, ada Samsung yang produknya paling banyak dipalsukan di Tiongkok. Tak tanggung-tanggung, populasi ponsel pintar tiruan Samsung di Tiongkok mencapai 37,30 persen. Untungnya, tak seperti Xiaomi, hanya Galaxy Note 3 dan Galaxy Note 4 yang tercatat paling banyak beredar tiruannya, dengan 8,82 persen dan 7 persen.

Adapun sejumlah merek ternama lain yang menjadi sasaran empuk peniru smartphone, yakni Huawei, HTC, ZTE, Coolpad, Oppo, serta Lenovo.

(brl/red)