Ingin beli Portable Drive? Pertimbangkan 3 hal ini terlebih dahulu!

Ingin beli Portable Drive? Pertimbangkan 3 hal ini terlebih dahulu!

Techno.id - Jika Anda penggemar berbagai hal yang membutuhkan media penyimpanan besar, seperti film, video editing, atau fotografi, tentu 'cloud' atau 'Google Drive' saja tak akan cukup bagi Anda. Menyimpan data di internet memang adalah cara yang tepat agar data jadi aman, namun bagaimanapun rasanya kita ingin menyimpan langsung data yang kita miliki, tanpa ribet harus memiliki koneksi internet.

Oleh karena itu cukup beralasan mengapa kita butuh portable drive sebagai tambahan media penyimpanan kita. Yap! Dengan portable drive, Anda bisa selalu siap kapan saja dengan berbagai foto dan video Anda, serta film atau MP3 Anda tanpa harus ada koneksi internet.

Mengusung nama 'portable' juga membuat benda yang sering juga disebut dengan 'harddisk drive eksternal' ini menjadi sebuah benda wajib untuk dimiliki. Bagaimana tidak, dengan kapasitas yang super, kita hanya perlu membawa ddrive serta kabel USB saja. Tanpa perlu membawa power adapter tambahan karena portable drive sudah mendapatkan daya dari USB.

Ingin memiliki? Tunggu dulu. Yuk simak beberapa hal yang haru diperhatikan sebelum membeli portable drive berikut ini.

1. Pastikan portable drive Anda cukup 'cepat'
Portable drive memiliki dua tipe, yakni solid-state atau SSD, serta non-SSD yang merupakan versi biasa. Pekerjaan berat seperti mengedit video dengan resolusi raksasa bisa dilakukan langsung di SSD, karena kecepatannya sangat mumpuni di pekerjaan berat. Namun jika kecepatan bukan jadi perhatian Anda, dan Anda butuh sekedar jumlah penyimpanan, non-SSD adalah pilihan yang tepat karena lebih murah.

Selain itu USB drive paling cepat adalah USB 3.1 yang dua kali lebih cepat ketimbang USB 3.0. Opsi lebih murah adalah menggunakan USB 2.0 namun konsekuensinya adalah lebih lelet 10 kali lipat ketimbang USB 3.0.

2. Pastikan kapasitas penyimpanannya pas untuk Anda
Penyimpanan yang lebih besar tentu lebih baik. Namun untuk apa membayar lebih untuk penyimpanan yang tidak Anda gunakan? Jadi pertimbangkan berapa media penyimpanan yang cukup bagi Anda.

Kini sudah ada opsi portable drive dengan kapasitas 4TB. Namun sadarilah ika angka itu sangatlah besar. Jika Anda secara professional bekerja di bidang video editing atau fotografi, Anda tentu butuh. Namun jika tidak, 1TB sudah cukup besar kok.

3. Persiapkan masa depan
Soal masa depan, tentu kita bicara soal koneksi USB-A port yang akan segera bergeser ke USB-C port. Anda akan butuh kabel dengan koneksi USB-C agar bisa kompatibel dengan laptop masa kini ataupun masa depan. TErdapat juga kabel konektor USB-C ke USB-A jika PC atau laptop Anda masih menggunakan USB-A port.

Namun hal ini tak berlaku sebaliknya. Beberapa laptop generasi baru seperti Macbook keluaran terbaru, hanya memiliki USB-C port. Untuk saat ini kabel untuk menghubungkan USB-A ke USB-C masih belum ada. Jadi jika Anda bekerja dengan laptop generasi baru, tentu Anda harus memiliki portable drive dengan koneksi USB-C.

(brl/red)