CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 24 April 2016 10:00

Berkenalan dengan Switch Alpha, laptop hibrida 12inci dari Acer

Laptop hibrida Acer ini diklaim memiliki spesifikasi yang mirip dengan Microsoft Surface pro 4.

Berkenalan dengan Switch Alpha, laptop hibrida 12inci dari Acer

Techno.id - Baru-baru ini Acer dilaporkan telah merilis laptop hibrida terbarunya yang diberi nama Switch Alpha. Laptop berukuran layar 12inci itu diklaim memiliki kinerja yang tak jauh berbeda dengan laptop besutan Microsoft, Surface pro 4.

Ya, Acer Switch Alpha 12inci diklaim memang memiliki spesifikasi yang hampir mirip dengan Surface Pro 4 tapi dibanderol dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Seperti misalnya, tiga pilihan prosesor Intel Core generasi keenam seri i3, i5, dan juga i7.

Spesifikasi prosesor yang cukup mumpuni itu juga didukung oleh kehadiran LPDDR3 SDRAM berkapasitas 4GB atau 8GB dan kapasitas penyimpanan SSD dengan tiga pilihan ukuran yakni 128GB, 256GB, dan 512GB. Selain itu, laptop hibrida ini juga didukung dengan kehadiran port USB Type-C yang dapat mentransfer data hingga 5Gbps dan juga fitur Bluetooth seri 4.0.

Laptop dengan resolusi layar 2160 x 1440piksel ini juga dilengkapi dengan keyboard cover magnetik yang disertakan dalam paket penjualan. Keyboard tersebut dapat dilepas atau dihubungkan ke layar dengan mudah karena desain engsel penghubung dibuat se-ergonomis mungkin.

Saat dilepas atau digunakan tanpa keyboard, Switch Alpha diketahui memiliki bobot yang cukup ringan yakni sekitar 900gram saja. Namun saat dihubungkan ke keyboard magnetik berdesain unik, maka beratnya keseluruhan laptop jadi 1260gram, cukup ringan untuk ukuran laptop hibrida.

Sayangnya, desain tipis yang diusung Switch Alpha membuat keberadaan piranti kipas untuk pendingin CPU ditiadakan. Sebagai gantinya, Acer dilaporkan membenamkan LiquidLoop Cooling System yang diklaim dapat mendinginkan laptop saat bekerja (meski perlu diakui bahwa sistem ini tak benar-benar dapat mendinginkan laptop terlebih saat digunakan untuk bermain games dalam waktu lama).

Sebagaimana disebutkan di atas, meski mengusung spesifikasi yang cukup mirip dengan Surface Pro 4 tapi harga yang dibanderol oleh Acer cukup terjangkau. Menurut pengumuman resmi dari Acer, Switch Alpha berukuran 12inci ini akan dibanderol dengan harga sekitar Rp7,91 jutaan saja.

Laptop hibrida ini kabarnya akan tersedia terlebih dahulu pada bulan Juni di Amerika dan akan segera tersedia di negara lainnya dalam waktu dekat.

WHAT TO READ NEXT ?