Berkat si mungil ini Anda bisa mengisi daya iPhone lebih cepat

Berkat si mungil ini Anda bisa mengisi daya iPhone lebih cepat

Techno.id - Meski ukurannya tak lebih besar dari koin, chip buatan ilmuwan asal Singapura ini diklaim mampu membuat pengisian daya baterai iPhone bisa lebih cepat dan sehat. Ya, chip buatan Rachid Yazami asal Nanyang Technological University ini dilaporkan memang bisa memantau kesalahan potensial saat pengisian baterai dan memperingatkan pengguna akan risiko tersebut.

Seperti dilansir oleh BusinessInsider (27/11/15), chip buatan Yazami ini menggunakan prinsip pengukuran termodinamika elektrokimia yang akurat mengukur keadaan baterai pada saat pengisian daya. Dengan metode tersebut, proses pengisian daya baterai pada iPhone dikabarkan akan lebih aman dan juga jauh lebih cepat.

"Selain mengetahui degradasi baterai, teknologi kami juga dapat memberitahu keadaan yang tepat dari daya baterai sehingga mengoptimalkan pengisian. Atau dengan kata lain baterai dapat dipertahankan dalam kondisi terbaik saat sedang diisi dengan bonus pengisian daya baterai jadi lebih cepat juga," ujar Yazami.

Chip yang memakan waktu pengembangan hingga lima tahun ini kabarnya akan resmi bisa digunakan secara massal pada akhir 2016 mendatang. Menurut beberapa bocoran, Sony dan Samsung kabarnya adalah perusahaan yang telah menyatakan minat pada teknologi buatan Yazami ini.

Berkat si mungil ini Anda bisa mengisi daya iPhone lebih cepat

Rachid Yazami dengan chip buatannya 2015 NTU Singapura

(brl/red)