Apple bakal hilangkan jack 3,5mm pada iPhone 7?

Apple bakal hilangkan jack 3,5mm pada iPhone 7?

Techno.id - Keberadaan port untuk jack 3,5mm pada ponsel bukanlah hal baru. Bahkan pada iPhone seri terbaru pun jack ini masih ada dan dibutuhkan. Dengan berkembangnya teknologi serta desain di ranah ponsel, kabarnya di masa yang akan datang jack ini takkan ada lagi.

Mengapa Apple justru bakal menghilangkan komponen penting yang universal ini? Seperti yang telah diberitakan oleh Mac Rumors pada hari Jumat (27/11/5) lalu, keputusan Apple ini tak lain adalah karena perubahan dimensi pada iPhone mendatang.

Kabarnya, iPhone 7 bakal berdimensi lebih tipis dibanding iPhone 6s. Itulah sebabnya, jack 3,5mm tak memungkinkan lagi untuk disematkan pada body iPhone 7. Lalu bagaimana solusinya?

Apple bakal hilangkan jack 3,5mm pada iPhone 7?

Sebenarnya pada tahun 2014 lalu Apple telah memperkenalkan MFi Program, yaitu perusahaan pihak ketiga yang menciptakan headphones khusus iOS. Tak lagi menggunakan jack 3,5mm, headphones tersebut mengandalkan lightning cable sebagai koneksi.

Bahkan Philips telah memperkenalkan headphones bernama Fidelio M2L dan FIdelio NC1L sekitar 14 bulan yang lalu. Tentu saja kabar ini menimbulkan banyak kontroversi. Pengguna setia iPhone takkan lagi bisa menancapkan headphones saat ponsel sedang diisi dayanya.

Apakah kabar ini bakal terlaksana atau tidak, yang jelas Apple telah mempersiapkan dock connector untuk mengisi daya baterai tanpa kabel. Dock connector membuat rumor yang beredar tersebut menjadi masuk akal. Nah, bagaimana menurut Anda sendiri?

(brl/red)