Spotify rilis DJ, fitur asisten personal berbasi AI besutan OpenAI

Spotify rilis DJ, fitur asisten personal berbasi AI besutan OpenAI

Techno.id - Spotify secara resmi mengumumkan fitur terbarunya 'DJ' untuk pengguna di wilayah Amerika Serikat dan Kanada. Rencananya pihak developer juga tetap akan memberikan fitur ini ke pengguna secara global. Kendati masih dalam versi beta, namun fitur anyar Spotify ini cukup menyita perhatian penggunanya.

Fitur DJ milik Spotify memiliki peran layaknya asisten personal. Pasalnya DJ menggunakan teknologi AI buatan OpenAI. Seperti diketahui, OpenAI telah berhasil mengeluarkan ChatGPT yang membuat banyak pengguna gadget tercengang.

Spotify dengan fitur DJ memungkinkan pengguna membuat daftar putar atau playlist sesuai selera musiknya. Lantas bagaimana mekanisme kerja dari fitur baru Spotify ini? Berikut techno.id pada Kamis (23/2), menyajikan cara kerja dari DJ, fitur baru Spotify yang dihimpun dari berbagai sumber.

Melansir dari situs resminya, Spotify meluncurkan fitur bernama DJ berbasis AI. Tools digital ini ditujukan untuk melengkapi sistem personalisasi inti Spotify. Seperti diketahui, personalisasi merupakan layanan unggulan dari aplikasi pemutar musik berasal dari Stockholm, Swedia tersebut.

Fitur DJ dapat terlihat oleh pengguna di bagian Music Feed dalam Home. Apabila DJ diketuk, pengguna akan disapa oleh suara AI berbahasa Inggris. Spotify menjelaskan bahwa suara AI yang dipasang adalah salah satu eksekutif Spotify, yaitu Xavier "X" Jernigan. Sebagai informasi, Xavier merupakan pembawa acara "The Get Up, sebuah acara seperti radio yang memperdengarkan musik sesuai selera pengguna.

Lebih lanjut, fitur DJ secara otomatis memainkan lagi sesuai selera dari pengguna. Kemudian DJ juga dapat memberikan komentar mengenai lagu sebelum dan sesudah diputar.

Spotify menjelaskan, lagu yang diputar oleh DJ merupakan skema AI dengan sistem membaca berdasarkan musik tengah digemari hingga musik terbaru sesuai selera pengguna. DJ AI Spotify juga dapat memilih musik berdasarkan lagu favorit pengguna, dengan kriteria sudah tak didengarkan selama beberapa tahun terakhir.

"Fitur ini kemudian akan meninjau apa yang mungkin Anda nikmati dan memutar lagu yang dipilih hanya untuk Anda. Fitur ini juga terus memperbarui line up berdasarkan feedback Anda," tulis Spotify melalui laman resminya, yang dihimpun techno.id pada Kamis (23/2).

Sistem interface DJ AI Spotify cukup mudah. Pengguna dapat memberikan umpan balik dari daftar putar yang disajikan oleh DJ. Apabila pengguna tidak menyukai musik yang diputar, pengguna dapat mengetuk kembali tombol DJ agar dapat memperbarui playlist.


(brl/guf)