Review Poco M4 Pro, ponsel paket lengkap untuk gaming dan multitasking

image

Techno.id - Apakah kamu sedang mencari smartphone dengan harga terjangkau, atau sedang menginginkan ponsel dengan performa tinggi, kamera bagus, namun dengan harga terjangkau? Jika iya, kamu bisa mempertimbangkan Poco M4 Pro.

Smartphone Poco M4 Pro hadir di kuartal pertama tahun 2022 di Barcelona untuk pertama kalinya. Kemudian perangkat ini sudah tersedia di market Tanah Air sejak bulan Maret lalu. Smartphone ini masuk di kategori mid-range di harga mulai Rp 2,8 juta.

Poco menanamkan berbagai komponen unggulan di kelas smartphone mid-range. Bahkan mereka terbilang sukses untuk menekan biaya produksi dan pemasaran, sehingga harga yang ditawarkan cukup terjangkau. Dengan harga yang ditawarkan, pengguna sudah mendapatkan ponsel berlayar AMOLED FHD+, triple kamera, dan memiliki pengisian daya cepat.

Lalu bagaimana dengan experience memakai ponsel tersebut? Pada kesempatan ini, techno.id berhasil mendapatkan kesempatan untuk menggunakan Poco M4 Pro dan berikut ulasannya.

1. Desain bodi.

review Poco M4 Pro  2022 techno.id

foto: techno.id/Adnan

Pembahasan akan dimulai dari bentuk desain. Unit yang direview oleh kami berwarna kuning, khas dari Poco. Pada bagian belakang perangkat terdapat casing bertekstur anti gores dan anti sidik jari yang solid. Bentuk lengkungan di empat sisi pas saat dicengkeram, sehingga saat dipakai untuk bermain game hingga scrolling media dengan nyaman.

Terdapat modul kamera berwarna hitam pada bagian casing belakang dengan tulisan tegas "Poco". Modul kamera tersebut menimbulkan kesan modern. Bentuknya mengotak membuat banyak orang melirik perangkat ini, dan tentu menambah rasa percaya diri saat mengeluarkan ponsel di keramaian.

Kemudian perangkat ini mempunyai dimensi tipis dan ringan, sehingga praktis untuk dibawa. Tentu perangkat ini rasanya cukup berbeda dengan ponsel Poco lain yang mempunyai dimensi tebal dan berat. Untuk ukuran ketebalan Poco M4 Pro dan berat 179,5 gram.

Kemudian di bagian samping terdapat tombol power yang merangkap sebagai fingerprint, tombol volume dan di samping kiri terdapat slot SIM card merangkap microSD. Kemudian Poco M4 Pro dibekali dengan dual stereo speaker dengan kualitas audio cukup nendang. Terdapat port USB Type-C di bagian bawah dan port audio jack 3.5mm di bagian atas perangkat. Selain itu, terdapat sensor IR Blaster yang dapat digunakan untuk mengoperasikan alat elektronik lainnya.

review Poco M4 Pro  2022 techno.id

foto: techno.id/Adnan

Poco M4 Pro telah mengantongi sertifikat IP53, sehingga perangkat dapat tahan terhadap cipratan air dan debu. Sehingga saat digunakan, tidak takut terkena tumpahan air. Untuk bagian depan terdapat layar dengan desain punch-hole untuk kamera selfie, yang membantu memberikan kelegaan saat memakai perangkat. Bezel masih tergolong standar, namun terdapat sistem interface yang dapat menampilkan layar secara penuh.

2. Display layar.

review Poco M4 Pro  2022 techno.id

foto: techno.id/Adnan

Poco M4 Pro dibekali dengan layar AMOLED berukuran 6,43 inci. Kualitas grafis yang ditampilkan juga tidak main-main, yaitu FHD+ 1080 x 2400 piksel. Screen tersebut juga memberikan refresh rate hingga 90 Hz da touch sampling 180 Hz. Layar tersebut cukup nyaman untuk digunakan baik di siang hari maupun malam hari. Saat digunakan di luar ruangan, layar ponsel tetap menampilkan grafis dengan jelas dan terang, tidak kalah dengan cahaya yang ada berkat teknologi Sunlight display.

Selain itu, layar responsif membuat pengguna mendapatkan sensasi sentuhan menyenangkan. Baik untuk bermain game maupun melakukan aktivitas di sosial media screen tetap memberikan kenyamanan, sehingga pengguna dapat berlama-lama menatap layar tanpa takut mata lelah. Karena perangkat ini sudah memiliki sertifikat SGS Eye Care Display dan SGS Seamless Display.

3. Performa perangkat.

review Poco M4 Pro  2022 techno.id

foto: techno.id/Adnan

Poco M4 Pro dibekali dengan chipset buatan MediaTek Seri Helio G96 fabrikasi 12 nm. Kecepatan clock speed dari CPU octa-core mencapai 2,05 GHz, dan terdapat GPU dari Mali-G57 MC2. SoC tersebut menawarkan kestabilan saat digunakan, dan cukup cepat memproses sebuah perintah dari pengguna.

Dengan prosesor yang dipasang, Poco M4 Pro dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan pengguna mulai dari bermain game, menjelajah dunia internet, hingga bekerja. Khusus untuk bermain game, Poco M4 Pro dapat dikatakan piawai dalam mengelola game-game dengan beban berat. Bahkan saat digunakan untuk bermain Apex Legends mendapatkan grafis di UltraHD di kecepatan 30 fps. Perangkat ini juga tidak terlalu panas saat digunakan saat bermain, berkat sistem pendinginan Liquid Cool 1.0 plus berukuran 10005 mm2.

Ditambah Poco juga memberikan varian penyimpanan cukup lega. Poco M4 Pro dibekali dengan RAM 8 GB dan memori internal 256 GB, membuat ada banyak aplikasi yang bisa diinstall dan dibuka dalam satu waktu tanpa takut penyimpanan penuh. Selain itu, untuk menyimpan data file, perangkat ini mampu memberikan kapasitas berlebih berkat slot microSD yang mencapai 1 TB.

Untuk kebutuhan multitasking lainnya, chipset Helio G96 juga dinilai mampu memberikan performa cukup apik. Bahkan SoC tersebut berhasil memberikan efisiensi penggunaan daya. Artinya Poco M4 Pro tidak perlu meragukan kemampuan dapur pacunya.

4. Sektor kamera.

review Poco M4 Pro  2022 techno.id

foto: techno.id/Adnan

Keunggulan lain yang didapatkan dari Poco M4 Pro ada pada sektor kamera. Smartphone ini dibekali dengan lensa wide 64 MP untuk kamera utama. Terdapat dua kamera lain yaitu 8 MP ultra-wide dengan kemampuan menangkap angel hingga 118 derajat, dan 2 MP macro. Sedangkan untuk kamera selfie, menggunakan lensa 16 MP.

Kemampuan kamera di luar ruangan cukup impresif. Ponsel ini menghasilkan detail ok dan warna cukup tajam. Bahkan warna dihasilkan cukup natural tidak memberikan over rate tinggi. Hasil gambar cukup pas dan tidak memberikan efek gambar berlebih.

Saat pemakaian di dalam ruangan, boleh dikatakan Poco M4 Pro mempunyai kemampuan di atas rata-rata handphone mid-range. Kamera ponsel ini tetap dapat menghasilkan gambar detail dan warna cukup tajam. Tidak ada noise yang muncul saat pemakaian di dalam ruangan.

review Poco M4 Pro  2022 techno.id

foto: techno.id/Adnan

Fitur night mode dari Poco M4 Pro menghasilkan gambar apik. Bahkan saat pengambilan foto dengan mode auto pun cukup terang. Dengan begitu, pengguna tidak perlu repot-repot untuk melakukan setting kamera.

Baik kamera belakang dan selfie Poco M4 Pro dapat menghasilkan kualitas rekaman video hingga 1080p di kecepatan 30 fps. Hal yang membuat spesial dari kamera ini adalah tingkat kestabilan sensor optimal. Dengan begitu baik saat melakukan pemotretan maupun merekam video, perangkat tetap menghasilkan gambar stabil.

review Poco M4 Pro  2022 techno.id

foto: techno.id/Adnan

Poco M4 Pro juga mempunyai berbagai fitur kamera asik untuk digunakan. Mulai dari efek filter lengkap, teknologi Ai yang dapat meningkatkan estetika hasil foto, hingga terdapat fitur slow motion bisa digunakan dengan mudah. Kamera dari smartphone ini cukup rekomendasi bagi seseorang gemar melakukan fotografis mobile.

review Poco M4 Pro  2022 techno.id

foto: techno.id/Adnan

5. Bagian baterai.

review Poco M4 Pro  2022 techno.id

foto: techno.id/Adnan

Poco M4 Pro dibekali dengan baterai berdaya 5.000 mAh. Kemampuan baterai perangkat tersebut dapat dibilang cukup badak. Dari mulai 100% di pagi hari untuk pemakaian seperti bermain game, scrolling media sosial, dan melakukan fotografi, tidak pernah mengalami baterai drop. Bahkan seringkali menyisakan rata-rata daya 25% di malam harinya.

Selain itu, pengisian daya baterai cukup cepat, dengan kekuatan 33 Watt. Pengecasan seperti tidak terasa lama, hanya ditinggal untuk melakukan persiapan aktivitas di pagi hari, seperti mandi dan sarapan, baterai ponsel sudah mencapai di angka 80%.

6. Fitur lainnya.

review Poco M4 Pro  2022 techno.id

foto: techno.id/Adnan

Perangkat Poco M4 Pro sudah mendukung teknologi NFC. Dengan begitu saat melakukan pembayaran, dapat dengan mudah menggunakan teknologi tersebut. Selain itu terdapat fitur game mode yang mampu meningkatkan performa, menghindari notifikasi tidak perlu, dan tentunya fitur tersebut dapat menghemat baterai.

Poco M4 Pro mempunyai berbagai keunggulan untuk ponsel di kategori mid-range. Ponsel tersebut unggul di sektor layar nyaman, performa dapur pacu stabil, dan tentu kamera dengan hasil gambar keren. Bagi kamu yang ingin memiliki smartphone paket lengkap mulai dari software dan hardware mumpuni harga terjangkau, maka Poco M4 Pro cocok untuk dimiliki.


(brl/guf)