Ini 5 perbedaan Google Docs dan Microsoft Word, mau antarmuka yang rumit atau sederhana terserah kamu

Ini 5 perbedaan Google Docs dan Microsoft Word, mau antarmuka yang rumit atau sederhana terserah kamu

Docs vs Word

4. Pilihan platform, add-on, dan aksesibilitas

Google Docs adalah layanan berbasis web yang dapat diakses di berbagai platform desktop dengan browser modern seperti Windows, MacOS, Linux, Chrome OS, dan bahkan platform mobile dengan mode kompatibilitas. Aplikasi Google Docs juga tersedia untuk Android dan iOS.

Pengguna memerlukan koneksi internet untuk mengaksesnya kecuali jika telah mengaktifkan opsi file Google Drive offline di Chromebook. Pengguna juga perlu memiliki akun Google untuk masuk dan membuat dokumen di Google Docs.

Baik Microsoft Word dan Google Docs dapat diperluas dengan alat tambahan dari pengembang pihak ketiga. Microsoft Word (sebagai bagian dari Office atau Microsoft 365) tersedia untuk Windows dan MacOS. Ada juga klien Word gratis untuk Android dan iOS, serta Microsoft 365 yang dapat diakses melalui web browser modern.

Google Docs secara otomatis mengunggah dan membuat file terpisah setiap kali ada perubahan pada dokumen, sementara Microsoft memerlukan pengaturan OneDrive backup atau berlangganan Microsoft 365 untuk menyinkronkan, mengedit, dan membuka dokumen Word secara online.

Ini 5 perbedaan Google Docs dan Microsoft Word, mau antarmuka yang rumit atau sederhana terserah kamu foto: unsplash.com/fimbee.com

5. Harga

Google Docs dapat diakses dan digunakan secara gratis oleh individu untuk penggunaan pribadi. Namun, ada versi bisnis (Google Workspace) yang tersedia dengan biaya mulai dari USD6 atau setara Rp89 ribu per pengguna per bulan. Versi bisnis ini lebih cocok untuk kebutuhan kontrol administrator dan dukungan langsung.

Sementara Microsoft Office memiliki dua opsi, versi standar dengan pembelian satu kali seharga USD150, setara Rp2,2 jutaan dan Microsoft 365 Personal dengan biaya langganan seharga USD 7 atau setara Rp104 ribu per bulan, atau USD 70 yang setara Rp1 jutaan per tahun. Microsoft 365 Personal memungkinkan penggunaan hingga lima perangkat secara bersamaan.

Penggunaan Word dalam Microsoft 365 juga memberikan ruang penyimpanan yang lebih besar. Di sisi lain, Google Docs memiliki batasan penyimpanan sebesar 15GB. Jika pengguna bekerja dengan file yang besar, Microsoft 365 dapat menjadi pilihan yang lebih baik. Namun, jika memiliki sedikit dokumen atau dokumen-dokumen yang tidak terlalu besar, Google Docs dapat menjadi solusi yang ideal.

(brl/red)