Ini 4 kelebihan Siri dan Google Assistant yang tak dimiliki ChatGPT, cocok dipakai aktivitas harian

Ini 4 kelebihan Siri dan Google Assistant yang tak dimiliki ChatGPT, cocok dipakai aktivitas harian

Kelebihan Siri & Google Assistant.

1. Fleksibilitas yang tak tertandingi

Kemudahan akses merupakan hal paling awal yang bisa dirasakan. Pengguna dapat langsung mengakses Google Assistant melalui layar kunci smartphone setelah mengaktifkan fiturnya secara manual. Siri pun menawarkan hal serupa. Beda jika kamu ingin mengakses ChatGPT, kamu harus membuka smartphone, membuka browser, lalu mengunjungi lamannya. Malahan kamu mengakalinya, lagi-lagi itupun berkat asisten AI, yakni dengan membuat automasi Siri untuk shortcut ChatGPT. Sekalipun tetap harus membuka kunci iPhone lebih dahulu nantinya.

2. Daily driver

Pengguna ChatGPT bisa mengumpulkan informasi dari berbagai sumber. Sedangkan Siri dapat mengingatkan penggunanya jadwal pertemuan, dan Google Assistant juga dapat kamu perintahkan untuk melakukan pembayaran atau bahkan pembelian tiket. Kesimpulan dari poin ini adalah ChatGPT belum maksimal dalam membantu aktivitas keseharian penggunanya.

Ini 4 kelebihan Siri dan Google Assistant yang tak dimiliki ChatGPT, cocok dipakai aktivitas harian

foto: Muhammad Ilham Akbar Rukmana

3. Menyelesaikan pekerjaan lebih mudah

Salah satu keunggulannya adalah dalam menyelesaikan pekerjaan. Sifat dari ChatGPT adalah penyedia informasi yang mungkin dibutuhkan penggunanya dalam menyelesaikan pekerjaan. Sementara Asisten AI langsung menyelesaikan pekerjaan. Contohnya seperti Google Assistant memiliki fitur bernama Routines yang melakuan otomasi tugas. Saat penggunanya memerintahkan "Ayo pergi bekerja", maka Google Assistant akan langsung memberikan data soal lalu lintas, cuaca, entri kalender, dan memutar musik sebagai teman perjalanan. Itu semua diatur berdasarkan preferensi pengguna.

4. Keterbatasan waktu

Berbicara pencarian informasi yang berbenturan dengan konteks waktu, ChatGPT yang dibuat pada tahun 2021 memiliki informasi yang terbatas, tidak lebih sebelum tahun tersebut. Sementara semacam Siri dan Google Assistant, mampu menelusuri berbagai hal tanpa ada batasan waktu.

(brl/guf)