Apple luncurkan update iOS 16.4 untuk iPhone, bisa meredam kebisingan saat dalam panggilan

Apple luncurkan update iOS 16.4 untuk iPhone, bisa meredam kebisingan saat dalam panggilan

Fitur iOS 16.4 untuk iPhone

21 Emoji baru nan lucu.

Apple luncurkan update iOS 16.4 untuk iPhone, bisa meredam kebisingan saat dalam panggilan

foto: Techzle.com

Selain emoji wajah bergetar, terdapat tiga warna baruntuk emoji berbentuk hati. Warna baru tersebut antara lain, biru mudah, pink, dan abu-abu. Ada juga dua emoji tangan kanan dan tangan kiri seakan mendorong satu sama lainnya.

Emoji tangan mendorong tersebut dijuluki Leftwards/Rightwards Pushing Hands. Dengan emoji tersebut pengguna bisa menggunakan sebagai bentuk penolakan, memberhentikan sesuatu, melakukan "tos" saat pengguna lain mengirimkan emoji serupa. Menariknya emoji tangan tersebut mempunyai opsi warna lengkap, mulai dari kulit paling terang hingga paling gelap. Pengguna bisa menyesuaikan kebutuhan warna untuk emoji tangan baru tersebut.

Apple memberikan koleksi emoji di kategori binatang. Terdapat wajah rusa besar, keledai, burung hitam, angsa, dan ubur-ubur. Sedangkan untuk kategori tumbuhan, terdapat penambahan emoji eceng gondok, jahe, dan kacang polong.

Tak ketinggalan, terdapat update di kategori simbol mencakup emoji sayap, kipas lipat, penjepit rambut, markas, seruling, logo WiFi, hingga lambang Khanda untuk para penganut Sikhisme.

Fitur isolasi suara.

Apple luncurkan update iOS 16.4 untuk iPhone, bisa meredam kebisingan saat dalam panggilan

foto: Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar

Selain beragam emoji yang diluncurkan, Apple juga menggelontorkan fitur voice isolation atau isolasi suara. Fitur isolasi suara dapat dipakai untuk meredam suara kebisingan dari lingkungan sekitar (ambience). Artinya saat pengguna melakukan panggilan suara di tempat ramai, sistem baka otomatis meredam suara tersebut agar panggilan suara bisa didengar lebih jernih.

Fitur tersebut sudah bisa diterapkan di aplikasi FaceTime dan layanan VoIP (Voice over Internet Protocol), seperti WhatsApp, Telegram, LINE, Signal, Discord, dan aplikasi serupa lainnya.

Selain itu, terdapat fitur pemberitahuan notifikasi berbasis web. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menerima notifikasi ketika membuka aplikasi versi web di safari.

Nantinya pengguna saat membuka salah satu aplikasi berbasis web, seperti Instagram atau Twitter, akan ada sebuah notifikasi tertentu meski hanya membuka via web. Akan tetapi, sebelumnya pengguna harus menyematkan aplikasi-aplikasi berbasis web ke layar beranda aplikasi Safari.

Update dari iOS 16.4 memang telah dinanti para pengguna iPhone. Melansir dari laman Tech Crunch, setidaknya permintaan dari update sistem ini terbilang cukup tinggi. Alhasil, para pengguna iPhone perlu bersabar untuk mendapatkan update-an terbaru dari iOS 16.4.

Bagi kamu belum mengetahui cara update iOS, cukup masuk ke menu pengaturan (Settings). Kemudian pilih General, dan klik "Software Update". Selamat mencoba!

(brl/guf)