Apakah Lenovo masih memproduksi smartphone? Begini penjelasannya

Apakah Lenovo masih memproduksi smartphone? Begini penjelasannya

Techno.id - Di tengah maraknya perkembangan pasar smartphone saat ini yang membekali produk mereka dengan Artificial Intelligence (AI), muncul pertanyaan apakah Lenovo masih membuat smartphone?

Ya, Lenovo masih melakukannya, tetapi dengan nama yang berbeda. Sebenarnya, hingga beberapa tahun yang lalu, Lenovo masih sangat aktif merilis model smartphone baru dengan mereknya sendiri, meskipun sebagian besar eksklusif untuk pasar China. Namun, saat ini, operasi selularnya telah mengalihkan fokus sepenuhnya ke anak perusahaan yang terkenal, tidak lain adalah Motorola.

Masa sebelum Motorola

Apakah Lenovo masih memproduksi smartphone? Begini penjelasannya foto: lenovo

Sebelum mengakuisisi Motorola Mobility pada 2014 silam, Lenovo memasuki industri selular dengan smartphone pertamanya, Lenovo LePhone, pada 2010. Awalnya berfokus pada pasar China, Lenovo secara bertahap memperluas penawaran ponsel cerdasnya secara internasional untuk bersaing dengan pemain besar seperti Samsung dan Apple.

Perlu diingat, smartphone Lenovo tersebut dirilis tiga tahun setelah iPhone pertama muncul pada 2007. Smartphone awal Lenovo memiliki keseimbangan kualitas, dan mendapat pengakuan atas keterjangkauannya. Usaha awal ini meletakkan dasar bagi ekspansi akhir Lenovo menuju produk yang lebih canggih seperti ponsel seri Lenovo A, dengan akuisisi Motorola pada 2014.

Pendekatan dua arah

Apakah Lenovo masih memproduksi smartphone? Begini penjelasannya foto: lenovo

Lenovo awalnya menemukan kesuksesan dengan strategi merek gandanya, mengoperasikan merek ponsel cerdas Lenovo dan Motorola secara bersamaan antara pasar internasional dan eksklusif Asia. Pendekatan ini memungkinkan perusahaan menargetkan segmen pasar dan wilayah geografis yang berbeda secara efektif, memaksimalkan jangkauan dan pangsa pasarnya.

Faktanya, hingga tahun 2022, Lenovo masih merilis model ponsel seperti Lenovo K14 Plus dan Lenovo Legion Y70, yang menunjukkan bahwa merek tersebut tetap kuat seperti sebelumnya. Sayangnya, ini semua berubah pada awal 2023, dengan pengumuman bahwa divisi ponsel gaming Legion-nya dihentikan. Setelah itu, tidak ada ponsel lini produk Lenovo klasik yang pernah diungkapkan atau diumumkan sejak saat itu.

Modern Motorola Ventures

Apakah Lenovo masih memproduksi smartphone? Begini penjelasannya foto: lenovo

Di sisi Motorola Mobility, bisnis tetap berjalan seperti biasa. Selain penawaran smartphone biasa di berbagai tingkatan produk seperti seri Moto dan Edge, banyak yang sudah mengetahui hal-hal revolusioner seperti Razr foldable baru.

Menariknya, Lenovo merilis ThinkPhone sekitar pertengahan 2023, dengan cara yang agak aneh yang tetap menonjolkan identitas perusahaan dalam industri selular dengan tetap mempertahankan branding Motorola.

Dibanderol dengan harga USD699 atau sekitar Rp10,6 juta, ThinkPhone menargetkan bisnis dengan penekanan pada keamanan, keandalan, dan integrasi perusahaan. Langkah strategis ini mewakili ambisi Motorola di bawah Lenovo untuk mengukir ceruk di pasar perusahaan yang menguntungkan, menantang pemain mapan dengan penawarannya yang kaya fitur.

Perkembangan terkini

Apakah Lenovo masih memproduksi smartphone? Begini penjelasannya foto: lenovo/motorola

Selain itu, kolaborasi Lenovo dengan Baidu pada Februari menandai tonggak penting dalam ceruk yang sudah mapan. Dengan mengintegrasikan teknologi generative AI Baidu ke dalam ponsel cerdasnya, Lenovo bertujuan meningkatkan pengalaman pengguna dengan fitur canggih bertenaga AI seperti chatbot dan terjemahan real time.

Bahkan awal Januari lalu, bocoran informasi menunjukkan bahwa Lenovo mungkin sedang bersiap untuk mengungkap iterasi terbaru dari Motorola Razr+. Render dan detail yang bocor mengisyaratkan potensi peningkatan dan opsi warna baru untuk perangkat tersebut. Namun seperti yang sudah diduga, Lenovo belum siap untuk mengungkap semua detail perangkat tersebut sekarang, menyisakan ruang untuk spekulasi tentang fitur dan waktu rilisnya.

(brl/red)