Apa itu AirVOOC? Begini penjelasan fitur pengisian daya cepat nirkabel ala OnePlus dan Oppo

Apa itu AirVOOC? Begini penjelasan fitur pengisian daya cepat nirkabel ala OnePlus dan Oppo

Techno.id - Belum lama ini ramai dibicarakan mengenai fitur AirVOOC pada perangkat OnePlus dan Oppo. Lantas apa yang membedakan AirVOOC dengan teknologi pengisian cepat lainnya.

Namun sebelum mengetahui lebih jauh mengenai AirVOOC, ada baiknya untuk mengetahui dan memahami apa itu VOOC. VOOC yang merupakan singkatan dari Voltage Open Loop Multi-step Constant-Current Charging adalah teknologi pengisian cepat yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2014 oleh Oppo Electronics. Tujuannya adalah untuk menyediakan pengisian cepat tanpa panas berlebih, sehingga menjaga perangkat tetap dingin dan aman.

AirVOOC pada dasarnya memanfaatkan kemampuan pengisian cepat VOOC tetapi merupakan solusi pengisian daya nirkabel. Kecepatan pengisian daya AirVOOC sebanding dengan kecepatan pengisian kabel VOOC 4.0, di mana perangkat dapat terisi penuh dalam waktu kurang dari satu jam.

Apa itu AirVOOC? Begini penjelasan fitur pengisian daya cepat nirkabel ala OnePlus dan Oppo foto: oppo

Sejauh ini, pengisian daya nirkabel AirVOOC mendukung kecepatan hingga 50W. Namun, kecepatan pengisian daya ini hanya dimungkinkan dengan ponsel yang kompatibel dari Oppo dan OnePlus. AirVOOC juga harus berfungsi dengan perangkat lain yang mendukung pengisian daya nirkabel QI, tetapi dalam kasus seperti itu, kecepatan pengisian daya akan dibatasi.

Solusi AirVOOC juga memiliki teknologi pendingin udara, untuk memastikan perangkat pengisi daya tidak terlalu panas. Ini fitur teknologi pendingin udara Sayap Kupu-kupu yang berarti suhu maksimum smartphone pengisi daya dapat dipertahankan sebelum 39 derajat Celcius.

Perangkat apa yang memiliki AirVOOC?

Apa itu AirVOOC? Begini penjelasan fitur pengisian daya cepat nirkabel ala OnePlus dan Oppo foto: oneplus

Pengisi daya nirkabel AirVOOC dapat mengisi daya sebagian besar ponsel dan headphone yang mendukung pengisian daya nirkabel. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa kecepatan pengisian aktual akan berbeda tergantung pada kecepatan pengisian maksimum masing-masing perangkat, dan ini dapat bekerja lebih cepat dengan perangkat khusus yang kompatibel. Untuk membuka potensi penuh AirVOOC, kamu memerlukan ponsel cerdas yang kompatibel dari OnePlus atau Oppo.

Misalnya, OnePlus 12 yang baru diluncurkan memiliki pengisian daya AirVOOC 50W, yang seharusnya dapat mengisi daya ponsel hingga 100% hanya dalam waktu 55 menit. Sedangkan iPhone 15 memiliki kemampuan pengisian daya nirkabel 15W yang lebih kecil. Artinya, meskipun iPhone 15 dapat mengisi daya menggunakan pengisi daya AirVOOC, itu tidak akan secepat OnePlus 12.

(brl/red)