Adobe luncurkan Photoshop untuk Web dengan alat AI

Adobe luncurkan Photoshop untuk Web dengan alat AI

Techno.id - Pada Code Conference 2023, Adobe mengumumkan peluncuran Photoshop untuk web setelah lebih dari satu tahun pengujian beta. Aplikasi ini menggantikan versi web gratis dan terbatas. Aplikasi ini mulai tersedia sejak 27 September 2023.

Photoshop di web dapat digunakan di browser apa pun. Dengan aplikasi ini pengguna tidak hanya dapat membuat dan mengedit dari dalam browser, tetapi juga dapat membuka file apa pun yang pernah dibuat melalui Photoshop sebelumnya.

Adobe luncurkan Photoshop untuk Web dengan alat AI foto: freepik

Selain itu pengguna Photoshop di web dapat mengakses alat kecerdasan buatan generatif yang didukung AI generatif Firefly dari Adobe, Generative Fill dan Generative Expand. Alat bantu AI ini memungkinkan pengguna memperluas gambar melampaui dimensi aslinya dan mengisi bagian tepinya. Alat-alat lainnya dapat menghapus objek, seperti Magic Eraser Google Pixel.

Versi web Photoshop memiliki pengalaman pengguna yang efisien dengan tata letak yang didesain ulang. Didukung model AI generatif Firefly dari Adobe, fitur-fitur ini tersedia untuk penggunaan komersial dan memungkinkan pengguna dengan cepat menambah, menghapus, atau memperluas gambar menggunakan deskripsi berbasis teks dalam lebih dari 100 bahasa, sambil tetap mencocokkan kondisi pencahayaan dan perspektif gambar asli.

Adobe luncurkan Photoshop untuk Web dengan alat AI foto: freepik/rawpixel

Sejumlah alat bantu yang memiliki alur kerja serupa seperti yang digunakan untuk memilih objek dan memperbaiki gambar diberi nama dan dikelompokkan bersama pada bilah alat bantu agar perangkat lunak lebih mudah dinavigasi. Tampilan ini bisa dinonaktifkan bagi para kreator kreatif berpengalaman yang lebih menyukai tampilan antarmuka pengguna Photoshop versi desktop. Adobe mengatakan bahwa fitur desktop seperti alat tambalan, alat pena, dukungan objek pintar, laso poligonal, dan lainnya akan ditambahkan segera.

Photoshop di web juga memungkinkan pengguna mengundang orang lain untuk berkolaborasi dalam proyek dan memungkinkan mereka yang tidak memiliki deskripsi Photoshop aktif untuk melihat dan mengomentari file.

(brl/red)