5 Perbandingan Google Pixel Fold vs Samsung Galaxy Z Fold 4, persaingan HP lipat makin ketat

5 Perbandingan Google Pixel Fold vs Samsung Galaxy Z Fold 4, persaingan HP lipat makin ketat

Google Pixel Fold vs Samsung Galaxy Z Fold 4

1. Jeroan

Pixel Fold menggunakan prosesor G2 dengan keamanan Titan M2, sementara Galaxy Z Fold 4 menggunakan Snapdragon 8+ Gen 1 dengan keamanan Knox Samsung. Keduanya memiliki RAM 12 GB dengan opsi penyimpanan 256 GB dan 512 GB (untuk Galaxy Fold 4 tersedia opsi hingga 1TB).

Pixel memiliki baterai sebesar 4821 mAh yang sedikit lebih besar dengan dukungan pengisian cepat 30W dan pengisian nirkabel. Sedangkan Galaxy Z Fold 4 memiliki baterai 4400mAh dengan pengisian cepat 25W dan dukungan pengisian nirkabel.

2. Kamera

Baik Pixel Fold dan Galaxy Z Fold 4 memiliki konfigurasi tiga kamera belakang dan kamera depan pada layar tutup dan layar utama. Untuk Pixel Fold, terdapat tambahan bezel sekitar kamera depan pada layar utamanya. Perbedaanya terletak di sini. Galaxy Z Fold 4 memiliki kamera bawah-layar (under-display camera) yang menyembunyikan kamera di bawah tampilan layar agar tidak menggangu saat layar menjankan video atau bermain game.

Trio kamera belakang pada Pixel Fold memiliki spesifikasi berikut, 48 MP main sensor dengan apertur f/1.7; 10.8 MP ultra-wide sensor dengan apertur f/2.25; dan 10.8 MP telephoto camera dengan apertur f/3.05. Fitur yang dimiliki oleh kameranya masih sama dengan beberapa produk Pixel sebelumnya seperti Magic Eraser, Photo Unblur, Night Sight, dan Face Unblur.

Sementara Galaxy Z Fold 4 memiliki spesifikasi kamera sebagai berikut, 50 MP main camera dengan apertur f/1.8; 12 MP ultra-wide camera dengan apertur f/2.2; dan 10MP telephoto camera dengan apertur f/2.4. Fitur-fitur yang dimiliki kamera Galaxy Z Fold 4 seperti Night Mode, Food Mode, Pro camera mode, Space Zoom, dan lain-lain.

5 Perbandingan Google Pixel Fold vs Samsung Galaxy Z Fold 4, persaingan HP lipat makin ketat

foto: gsmarena.com

3. Layar

Beberapa detail layar di kedua perangkat memiliki kesamaan. Seperti jenis layar OLED, refresh rate sebesar 120Hz, dan teknologi HDR. Ukuran dari layar penutup Pixel Fold sendiri sebesar 5,8 inci dan 7,6 inci pada layar utama. Sementara Galaxy Z Fold 4 lebih besar sedikit yaitu 6,2 inci untuk ukuran layar penutupnya dan memiliki ukuran 7,6 inci layar utamanya.

Pixel Fold memiliki bezel yang lebih besar di bagian layar daripada Galaxy Z Fold 4. Secara tampilan, kesan smartphone lipatpun pada Galaxy Z Fold 4 tidak terlalu sekentara Pixel Fold.

4. Desain

Untuk desain dan tampilan, Pixel Fold dan Galaxy Z Fold 4 memiliki perbedaan. Pixel Fold menempatkan kamera belakangnya dalam posisi yang horizontal dan lebih menonjol. Lain dengannya, Galaxy Z Fold 4 tak semenonjol itu dan berada di ujung kiri atas.

Lalu, Pixel Fold cenderung lebih pendek dan lebar dengan tepi yang melengkung. Beda dengan Galaxy Z Fold 4 yang terasa lebih tipis namun tinggi dan memiliki tepi yang datar. Namun keduanya memiliki teknologi yang sama pada layar yaitu tahan air dengan rating IPX8.

5 Perbandingan Google Pixel Fold vs Samsung Galaxy Z Fold 4, persaingan HP lipat makin ketat

foto: gsmarena.com

5. Harga

Pixel Fold tersedia dalam dua pilihan warna yaitu Obsidian dan Porcelain. Lebih beragam bagi Galaxy Z Fold 4, perangkat tersedia banyak warna mulai dari Graygreen, Phantom Black, Beige, dan Burgundy (khusus Burgundy di Samsung Store). Dilansir dari Samsung, harga untuk Galaxy Z Fold 4 dengan kapasitas penyimpanan 256 GB dan 512 GB sebesar Rp 25 juta. Sementara untuk Google Pixel yang baru tersedia di Amerika Serikat, dan Eropa dibanderol seharga Rp 26,4 juta.

(brl/guf)