5 Keunggulan Samsung Galaxy Tab S6 Lite edisi 2022

image

Techno.id - Tren penggunaan perangkat tablet saat ini sedang naik. Oleh karena itu banyak developer mengeluarkan seri tablet terbarunya. Salah satu tablet yang baru dirilis adalah Samsung Galaxy Tab S6 Lite 2022. Tablet tersebut merupakan update dari seri sama yang keluar pada tahun 2020 lalu.

Samsung memberikan peningkatan performa pada tablet Galaxy Tab S6 Lite. Kali ini mereka menanam chipset bentukan Qualcomm. Selain memberikan kinerja yang lebih baik, chip tersebut juga lebih efisien dari edisi Galaxy Tab S6 sebelumnya.

Samsung Galaxy Tab S6 Lite digadang-gadang akan masuk ke pasar Indonesia. Hal tersebut terlihat pada kode Samsung SM-P619 yang telah lolos TKDN Kementerian Perindustrian, dengan skor 37,60%. Pihak Samsung terus berupaya agar tablet edisi baru tersebut bisa hadir ke genggaman penggemarnya.

Lalu bagaimana spesifikasi lengkap dari tablet tersebut? Kali ini techno.id pada Kamis (19/5) akan memberikan keunggulanSamsungGalaxy Tab S6 Lite 2022 yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Dimensi bodi.

Samsung Galaxy Tab S6 Lite (2022) rilis diam-diam, ini spesifikasinya  2022 techno.id

foto: samsung.com

Ukuran dari bodi Samsung Galaxy Tab S6 Lite adalah 244.5 x 154.3 x 7 mm dengan bobot 467 gram. Dari ukuran tersebut yang perlu disorot ada pada ketebalan bodi. Samsung berhasil membuat tablet tipis, sehingga lebih praktis untuk dibawa. Bahkan pada bagian samping dibuat datar, agar terlihat elegan dan modern.

Material yang digunakan untuk membuat bodi cukup dominan dengan aluminium frame. Samsung memberikan kelengkapan Stylus S Pen untuk tablet tersebut. Ditambah varian warna yang ditawarkan oleh Samsung cukup lengkap yaitu Chiffon Pink, Angora Blue, Oxford Gray.

2. Display layar.

foto: samsung.com

Panel layar yang digunakan untuk Samsung Galaxy Tab S6 Lite adalah teknologi TFT LCD. Layar tersebut berukuran 10.4 inci dengan resolusi WUXGA 1.200 x 2.000 pixel, kerapatan 224 ppi density. Ditambah Samsung meracik panel layar tersebut dengan Dolby Atmos untuk menciptakan sensasi menonton bioskop pada sebuah tablet.

3. Prosesor dan penyimpanan.

foto: samsung.com

Seperti sudah disinggung sebelumnya, Samsung Galaxy Tab S6 Lite memakai chipset bentukan Qualcomm dengan prosesor Snapdragon 720G. Chipset tersebut mempunyai konstruksi 8 nm. Ditambah CPU yang digunakan adalah octa-core yang bertenaga hingga 2.3 GHz. Sedangkan untuk urusan grafis memakai GPU Adreno 618.

Samsung memberikan kapasitas RAM hingga 4 GB untuk tablet tersebut. Sedangkan untuk memori internal memiliki dua opsi yaitu 64 GB dan 128 GB. Terdapat slot microSD yang bisa digunakan untuk menambah kapasitas penyimpanan. Adapun untuk sistem operasi, tablet tersebut dibekali dengan OS One UI 4.0 berbasis Android 12.

4. Kamera.

foto: samsung.com

Samsung Galaxy Tab S6 Lite memiliki kamera utama dengan sistem single. Lensa yang digunakan beresolusi 8 MP wide. Kamera tersebut mempunyai kemampuan untuk merekam video kualitas hingga 1080p di kecepatan 30fps. Sedangkan untuk kamera selfie menggunakan kamera 5 MP dengan kemampuan merekam hingga 1080p di kecepatan 30 fps.

5. Baterai dan konektivitas.

foto: samsung.com

Agar suplai daya terpenuhi dengan biak, Samsung memberikan baterai dengan daya 7040 mAh. Baterai tersebut dapat diisi ulang dengan charger berdaya 15 Watt. Dengan baterai sebesar itu, tablet Galaxy Tab S6 dapat awet untuk digunakan setiap harinya. Tablet ini juga dibekali dengan port USB type-C dan audio jack 3,5mm. Bahkan untuk sound, tablet dari Samsung tersebut mempunyai mekanisme stereo speaker. Adapun tablet ini didukung oleh koneksi Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, dan Bluetooth 5.0, A2DP, LE.

Fitur utama yang cukup menonjol dari tablet ini ada pada sistem antarmuka One UI yang diberikan. Dengan One UI, pengguna bisa merasakan kemudahan dalam menjalankan aktivitas digital. Bahkan tablet ini sangat mendukung untuk kegiatan bekerja maupun belajar mengajar.

Tablet Samsung Galaxy Tab S6 Lite sudah muncul di Italia dengan harga berkisar 400 EUR, atau jika dirupiahkan sekitar Rp 6,1 juta. Tentu jika sudah resmi di Indonesia, harga yang akan dibanderol tidak jauh dari patokan tersebut.


(brl/guf)