5 Keunggulan layar IPS dibanding AMOLED

5 Keunggulan layar IPS dibanding AMOLED

Techno.id - Panel layar pada ponsel adalah komponen penting yang menentukan kualitas tampilan visual dan pengalaman pengguna. Ada beberapa jenis panel layar yang umum digunakan dalam ponsel.

Dalam perkembangan teknologi layar smartphone, dua teknologi yang sering dibandingkan adalah Layar IPS (In-Plane Switching) dan Layar AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode). Keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Pada artikel ini Techno.id akan fokus membahas lima keunggulan Layar IPS dibanding Layar AMOLED, Selasa (3/10).

1. Konsistensi warna

5 Keunggulan layar IPS dibanding AMOLED foto: freepik/qalebstudio

Salah satu keunggulan utama Layar IPS adalah konsistensi warna. Layar IPS mampu memberikan warna yang lebih konsisten pada berbagai sudut pandang, sehingga gambar akan tetap terlihat tajam dan akurat bahkan jika pengguna melihat layar dari sudut yang ekstrem. Ini sangat berguna saat pengguna menonton video atau bermain game, karena warna-warna akan tetap terlihat sebagaimana mestinya.

2. Daya tahan terhadap burn-in

5 Keunggulan layar IPS dibanding AMOLED foto: freepik/siiiiiixth

Layar AMOLED memiliki kecenderungan mengalami burn-in, yaitu masalah di mana gambar yang sering ditampilkan dalam waktu lama dapat meninggalkan bekas bayangan permanen pada layar. Sementara layar IPS, memiliki daya tahan yang lebih baik terhadap masalah ini. Fakta ini membuat layar IPS lebih cocok untuk penggunaan jangka panjang, terutama bagi mereka yang sering menampilkan elemen statis pada layar, seperti navigasi atau status bar.

3. Harga yang lebih terjangkau

5 Keunggulan layar IPS dibanding AMOLED foto: freepik

Secara umum, perangkat dengan layar IPS cenderung lebih terjangkau daripada perangkat dengan layar AMOLED dengan spesifikasi serupa. Hal ini membuat perangkat dengan Layar IPS menjadi pilihan yang baik bagi konsumen yang ingin mendapatkan kualitas tampilan yang baik tanpa harus mengeluarkan biaya yang tinggi.

4. Konsumsi energi yang lebih rendah

5 Keunggulan layar IPS dibanding AMOLED foto: freepik/rawrpixel

Layar AMOLED mengeluarkan cahaya dari setiap piksel secara mandiri, sehingga ketika layar menampilkan warna hitam atau gelap, piksel tersebut benar-benar mati dan tidak mengonsumsi daya. Meskipun ini baik untuk menghemat daya baterai saat menampilkan konten gelap, Layar IPS secara umum lebih efisien dalam mengonsumsi daya saat menampilkan konten dengan warna-warna cerah.

5. Kejelasan di bawah sinar matahari

5 Keunggulan layar IPS dibanding AMOLED foto: freepik

Layar IPS memiliki keunggulan dalam hal kejelasan di bawah sinar matahari. Karena Layar IPS mampu mencapai kecerahan yang tinggi dengan mudah, sehingga tampilan tetap terlihat jelas meskipun terkena sinar matahari langsung. Sebaliknya, Layar AMOLED dapat mengalami kesulitan dalam kondisi ini karena tingkat kecerahan maksimalnya mungkin tidak sekuat Layar IPS.

Layar IPS maupun AMOLED keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Pilihan antara keduanya akan tergantung pada preferensi pengguna dan penggunaan yang diinginkan. Jika kamu mengutamakan konsistensi warna, daya tahan terhadap burn-in, atau harga yang lebih terjangkau, maka Layar IPS mungkin menjadi pilihan yang lebih baik. Namun, jika kamu menginginkan konsumsi daya yang lebih rendah atau keunggulan dalam tampilan konten gelap, Layar AMOLED tetap menjadi pilihan yang menarik.

(magang/rama prameswara)

(brl/red)