4 Plugin Copilot yang wajib kamu coba, dari urusan belanja online hingga pesan meja di restoran

4 Plugin Copilot yang wajib kamu coba, dari urusan belanja online hingga pesan meja di restoran

Techno.id - Microsoft terus menghadirkan fitur baru ke Copilot, dan plugin adalah salah satu pembaruan terbaru. Copilot sendiri adalah alat AI yang ampuh, kini plugin membuat alat AI ini lebih berguna.

Fitur ini mirip dengan yang dimiliki ChatGPT ketika memperkenalkan plugin untuk meningkatkan fungsinya. Kini giliran Microsoft Copilot memperkenalkan beberapa plugin yang secara signifikan dapat meningkatkan apa yang dapat kamu lakukan dengan alat tersebut.

Plugin Microsoft Copilot menghubungkan Copilot dengan aplikasi dan layanan lain, memungkinkan pengguna menemukan penerbangan dan produk, membuat musik, dan memesan bahan makanan.

Untuk setiap percakapan, kamu dapat mengaktifkan hingga tiga plugin selain Penelusuran. Plugin Pencarian menghubungkan Copilot dengan web, jadi plugin ini diaktifkan secara default dan sangat penting agar plugin lain berfungsi.

Untuk mengaktifkan plugin lain, kamu harus masuk ke Microsoft Copilot terlebih dahulu. Di pojok kanan atas, kamu akan melihat Plugin (di samping Obrolan). Dari sini, kamu dapat mengaktifkan plugin yang ingin kamu gunakan.

Jika kamu menggunakan Copilot di Microsoft Edge, klik tombol Copilot, lalu ikon empat kotak untuk mengakses plugin. Di aplikasi selular Copilot, kamu dapat mengakses opsi ini dari ikon tiga titik di sudut kanan atas.

Setelah kamu mengaktifkan plugin, Copilot akan menggunakannya secara otomatis saat menjawab pertanyaan yang relevan. Jika ya, kamu akan melihat Using: (ikon plugin) di atas respons. Tetapi jika tidak, kamu apat secara khusus memintanya untuk menggunakan plugin tertentu. Berikut plugin terbaik yang bisa kamu gunakan di Copilot.

4 Plugin Copilot yang wajib kamu coba, dari urusan belanja online hingga pesan meja di restoran foto: microsoft

1. Klarna

Klarna adalah layanan Beli Sekarang, Bayar Nanti dengan ribuan merchant mitra. Ini memberinya akses ke banyak informasi tentang berbagai produk dan harganya. Jadi, dengan mengaktifkan plugin ini, kamu dapat mencari berbagai produk dan membandingkan harganya. Dengan setiap rekomendasi produk, Copilot menambahkan tautan ke situs web Klarna, tempat kamu dapat membeli produk tersebut.

Klarna aman digunakan, Namun hanya tersedia di AS. Pengguna lain dapat mengaktifkan plugin Shop, yang seperti Klarna, menyarankan berbagai produk dan memungkinkan kamu membelinya.

2. Kayak

Jika kamu merencanakan liburan, Kayak dapat membantu menemukan penerbangan, penginapan, dan mobil sewaan yang terjangkau. Lebih baik lagi, dapat merekomendasikan destinasi wisata yang dapat kamu kunjungi tanpa melebihi anggaran kamu.

3. OpenTable

Plugin Copilot OpenTable dapat membantu kamu menemukan dan memesan meja di restoran popular. Setelah mengaktifkan plugin ini, kamu dapat meminta Copilot untuk menyarankan restoran terdekat. Copilot kemudian menggunakan plugin untuk memberikan rekomendasi dan menambahkan tautan ke situs web OpenTable untuk memesan meja.

4. InstaCart

Jika ingin menyiapkan makanan sendiri, kamu dapat menggunakan plugin InstaCart untuk mendapatkan saran resep, mengetahui bahan apa yang kamu perlukan, dan memesannya dari berbagai pengecer melalui InstaCart.

Selain plugin ini, kamu juga dapat mencoba plugin Suno Copilot untuk membuat musik AI langsung dari Copilot. Meskipun saat ini ada opsi terbatas yang tersedia, plugin Copilot dapat membantu kamu dengan tugas sehari-hari, mulai dari berbelanja hingga merencanakan liburan. Jika kamu ingin menggunakan Copilot untuk tugas-tugas seperti pengkodean, presentasi, atau email, kamu dapat mencoba Copilot AI Microsoft lainnya.

(brl/red)