12 Aplikasi dan game terbaik di App Store Awards 2022

12 Aplikasi dan game terbaik di App Store Awards 2022

Techno.id - Apple kembali menghadirkan acara App Store Award 2022. Ajang penghargaan tersebut diberikan kepada aplikasi dan game yang dianggap masih berpengaruh bagi pemakaian perangkat Apple, baik itu iPhone, iPad, Apple Watch dan sebagainya.

Pemenang dari Apple Award 2022 dibagi ke beberapa kategori perangkat yaitu iPhone, iPad, Mac, Apple TV, dan lainnya. Hal tersebut dilakukan karena App Store mendukung untuk ekosistem semua piranti yang dikeluarkan oleh Apple.

Sebagai informasi, aplikasi BeReal yang sempat booming di TikTok menjadi pemenang di kategori aplikasi terbaik iPhone. BeReal merupakan aplikasi media sosial yang memungkinkan pengguna berbagi foto terbaiknya setiap satu kali sehari. Setelah foto di posting, pengguna kemudian dapat melihat apa yang dilakukan teman dari postingan mereka.

Kemudian untuk kategori game iPhone terbaik tahun ini diraih oleh Apex Legend Mobile dari EA. Game battle royale dengan basis strategi ini membawa karakter ikonik dari seri Apex Legends PC.

Lebih lanjut, terdapat aplikasi GoodNotes 5 yang mendapatkan gelar iPad App of the year. Aplikasi ini merupakan pencatat yang menawarkan dukungan Apple Pencil terbaik di kelasnya. Selain itu platform ini bisa dipakai sebagai alat kolaborasi dan markup PDF.

Di kategori iPad, tahun ini Apple memberikan kemenangan untuk Moncage menjadi game terbaik. Game teka-teki ini dapat memberikan keseruan mata dan tantangan melalui kubus misteri dan desain interface unik berbeda setiap levelnya.

Lantas aplikasi apa saja yang menjadi pemenang di ajang App Store Awards 2022? Kali ini techno.id akan memberikan 11 aplikasi dan game terbaik di App Store Awards 2022 pada Kamis (1/12).

Daftar Pemenang Apple App Store Awards 2022
Apps

12 Aplikasi dan game terbaik di App Store Awards 2022

foto: store.apple.com

1. iPhone App of the Year: BeReal, karya BeReal.
2. iPad App of the Year: Goodnotes 5 buatan Time Base Technology Ltd.
3. Mac App of the Year: MacFamilyTree 10 buatan Sinium Software GmbH.
4. Apple TV App of the Year: Vix buatan Televisa Univision Interactive, Inc.
5. Apple Watch App of the Year: Gentler Streak buatan Gentler Stories LLC.

Games

12 Aplikasi dan game terbaik di App Store Awards 2022

foto: ea.com

1. iPhone Game of the Year: Apex Legends Mobile, dari Electronic Arts.
2. iPad Game of the Year: Monkees, dari XD Networks Inc.
3. Mac Game of the Year: Encryption, buatan Devolver.
4. Apple TV Game of the Year: El Hijo, dari HandyGames.
5. Apple Arcade Game of the Year: Wild Flowers dari Studio Drydock Pvt. Ltd.
6. China Game of the Year: League of Legends dari Esports Manager, Shenzhen Tencent Tianyo Technology Limited.
7. Cultural Impact Winners

Editor App Store Apple juga memilih lima pemenang yang mengandung dampak budaya. Pemenang tahun ini dinilai dari kemampuannya mendorong pengguna untuk terlibat sepenuhnya dengan emosi mereka, terhubung secara otentik dengan orang lain, dan menghormati masa lalu dan generasi sebelumnya sambil memvisualisasikan masyarakat yang lebih baik.

Cultural impact winners

1. How We Feel dari the How We Feel Project, Inc.
2. Dot's Home dari the Rise-Home Stories Project
3. Locket Widget dari Locket Labs, Inc.
4. Waterllama dari Vitalii Mogylevets
5. Inua - A Story in Ice and Time dari ARTE Experience

Setiap pemenang akan diberikan penghargaan fisik yang terinspirasi dari ikon biru App Store. Penghargaan terbuat dari 100% aluminium daur ulang dari produk Apple dan menampilkan logo App Store serta nama pemenang dari App Store Awards 2022.

(brl/guf)