10 Fitur tersembunyi di dalam iOS 16, sudah tahu?

10 Fitur tersembunyi di dalam iOS 16, sudah tahu?

Fitur tersembunyi iPhone.

1. Hapus latar belakang dan salin objek dari gambar

Melalui iOS 16 pengguna dapat menghapus latar belakang dari gambar secara langsung. Bahkan pengguna hanya memerlukan satu ketukan untuk melakukannya. Cukup buka gambar di aplikasi Foto dan tekan lama pada objek yang ingin diisolasi. Secara otomatis perangkat akan mengenali tepi objek dan mengekstraknya dari gambar, dan memungkinkan pengguna menempelkan di bagian sesuai kebutuhan.

2. Lindungi kata sandi Notes.

10 Fitur tersembunyi di dalam iOS 16, sudah tahu?

foto: gadgetbridge.com

Fitur Notes di iOS 16, memungkinkan pengguna menggunakannya melalui pin iPhone. Dengan begitu, berbagai catatan penting di dalam Notes tidak dapat dengan mudah diketahui oleh orang. Cara menerapkan fitur ini cukup mudah. Pengguna tinggal meluncurkan aplikasi Notes di iPhone, ketuk elips (tiga titik) di sudut kanan atas layar, dan pilih 'Kunci' atau 'Lock'.

3. Fitur Dictation.

Bagi banyak orang, fungsi Dikte dalam iPhone dapat dipakai kala mereka perlu mengirim teks penting sambil tetap fokus pada jalan saat mengemudi. Dikte memungkinkan fungsionalitas ucapan-ke-teks untuk iPhone pengguna. Melalui fitur ini, pengguna dapat meningkatkan kemudahan aksesibilitasnya.

4. Konversi metrik menjadi mudah.

10 Fitur tersembunyi di dalam iOS 16, sudah tahu?

foto: gadgetbridge.com

iOS 16 secara instan mengenali unit pengukuran apapun dan memungkinkan pengguna mengkonversinya secara instan ke objek pilihan tanpa meninggalkan aplikasi. Saat mengirim SMS di iMessage, semua unit pengukuran digaris bawahi di utas obrolan. Cukup ketuk gambarnya dan pengguna akan mendapatkan opsi untuk mengubahnya menjadi unit pilihan sesuai kebutuhan saat mengetik teks, tekan dan tahan unit dan ketuk tanda panah di akhir menu popup untuk mengubahnya menjadi unit pilihan pengguna. Ketika pemilik iPhone menemukan mata uang asing disebutkan dalam menu, yang perlu pengguna lakukan hanyalah mengarahkan kamera ke objek dan mengetuk ikon pindai di layar.

5. Fitur menerjemahkan apapun.

Fitur Live Text di dalam iOS 16 tidak hanya dapat melakukan konversi dari kebutuhan pengguna. Namun fitur ini dapat menerjemahkan sebuah kalimat bahasa asing. Fitur ini dapat dipakai saat pengguna pemakaian di daerah asing, dalam hal ini luar negeri. Cukup arahkan kamera iPhone ke teks, ketuk ikon pindai di layar, dan terjemahkan ke dalam bahasa diinginkan. Pengguna juga dapat menerjemahkan teks di sebuah objek gambar yang disimpan menggunakan Live Text.

6. Fitur persentase baterai di bilah status.

10 Fitur tersembunyi di dalam iOS 16, sudah tahu?

foto: gadgetbridge.com

Meski ini merupakan fitur terbilang sepele, namun kemampuannya dapat berguna. Versi iOS sebelumnya tidak menampilkan persentase baterai di bilah status itu sendiri, membuat pengguna perlu scroll ke bawah untuk melihat jumlah daya tersisa di perangkat iPhone yang dipakai. iOS 16 menampilkan persentase baterai pada ikon baterai di pojok kanan atas layar. Untuk mengaktifkan fitur ini, buka Pengaturan>Baterai dan aktifkan bilah toggle untuk Persentase Baterai.

7. Menggabungkan gambar duplikat.

Melalui iOS 16, pengguna dapat secara pintar memilih gambar terbaik dari kumpulan dan menghilangkan sisanya. Tentu fitur ini bisa diterapkan untuk menyeleksi foto yang terduplikat. Nah, pengguna cukup melakukan langkah berikut ini: buka Foto > Album > Duplikat dan pilih Gabung.

8. Schedule Mails and Undo send ones.

10 Fitur tersembunyi di dalam iOS 16, sudah tahu?

foto: gadgetbridge.com

Melalui iOS 16, pengguna dapat memungkin menjadwalkan pengiriman pesan email. Selain itu, apabila pengguna tak sengaja mengirimkan email namun belum saatnya, bisa melakukan undo. Pengguna dapat membatalkan pengiriman email dalam hitungan detik. Untuk mengaktifkan fitur ini, buka Pengaturan > Mail dan pilih 'Undo Send Delay', untuk menetapkan batas waktu untuk membatalkan pengiriman email.

9. Kirim tangkapan layar tanpa menyimpannya.

Screenshot menjadi fitur menari di perangkat smartphone masa kini. Pengguna bisa menangkap tampilan layar secara mudah, lalu mengirimkannya. Nah, melalui iOS 16, saat ini pengguna dapat melakukan tangkapan layar kemudian mengirimkan hasilnya, tanpa menyimpan file hasil screenshot. Hal ini membuat kapasitas ruang dapat efisien dalam pemakaian sehari-hari. Bahkan fitur ini dapat membuat tampilan galeri lebih rapi. Cukup ketuk popup pratinjau setelah mengambil tangkapan layar dan pilih 'Salin dan Hapus'. Tempel tangkapan layar di utas konversi dan kirimkan ke kontak yang dituju.

10. Cegah tombol samping mengakhiri panggilan.

10 Fitur tersembunyi di dalam iOS 16, sudah tahu?

foto: Pexels.com

Bagi pengguna sering tak sengaja menekan tombol samping hingga mengakibatkan telepon diakhiri, melalui update iOS 16 dapat menghindari masalah ini. Berikut cara menerapkannya, Buka Pengaturan > Aksesibilitas > Sentuh dan aktifkan bilah toggle untuk mencegah tombol kunci untuk mengakhiri panggilan.

(brl/guf)