WeChat bisa bantu seseorang mendapatkan pekerjaan dengan mudah

WeChat bisa bantu seseorang mendapatkan pekerjaan dengan mudah

Techno.id - Tiongkok telah melahirkan sebuah aplikasi WeChat bot bernama Jobot. Aplikasi messenger yang ditenagai oleh Microsoft ini menjadi populer di Tiongkok karena tidak hanya sekadar aplikasi untuk mengobrol bersama teman-teman melainkan juga dapat digunakan untuk mendapatkan pekerjaan.

Aplikasi Jobot pada dasarnya adalah ChatBot yang dikombinasikan dengan WeChat. Jobot diklaim mampu mengembangkan wawasan kepribadian pengguna, seperti budaya dan sentimen. Aplikasi yang didukung oleh IBM Watson ini juga dapat membantu pengguna berlatih teknik wawancara untuk mendapatkan pekerjaan.

WeChat bisa bantu seseorang mendapatkan pekerjaan dengan mudah

Menurut David Collier, salah satu otak di balik layanan ini, mengatakan bahwa pertanyaan yang dihadirkan untuk jobseeker akan disamakan dengan pertanyaan di perekrutan perusahaan. Bahkan, dengan pertanyaan tersebut perusahaan dapat mencari tipe tertentu dari calon karyawannya, sebagaimana yang disampaikan oleh TechCrunch (20/9/15).

Saat ini, layanan Jobot telah ditingkatkan untuk penyaringan calon karyawan suatu perusahaan. Selain itu, Jobot juga sudah diintegrasikan dengan layanan yang berpotensi untuk mencari kerja seperti Glassdoor dan LinkedIn.

(brl/red)