CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 5 September 2015 22:00

Tips akses file secara offline di Google Drive

Kini Anda pun bisa mengakses file secara offline di Google Drive.

Tips akses file secara offline di Google Drive

Techno.id - Kelemahan utama dari layanan penyimpanan awan adalah jaringan. Bayangkan saja, jika Anda perlu mengakses layanan penyimpanan awan tapi jaringan internet di sekitar Anda saat itu sedang bermasalah, maka Anda akan kesulitan saat akan membuka file yang tersimpan di sana.

Namun, beruntunglah Anda yang memilih menggunakan layanan penyimpanan awan Google Drive. Meski koneksi jaringan bermasalah, Anda masih bisa mengakses file yang tersimpan dengan catatan file tersebut sudah diatur dalam mode offline.

Penasaran bagaimana cara meng-offline file di Google Drive sehingga bisa diakses tanpa memerlukan koneksi internet? Berikut adalah langkah-langkahnya seperti dikutip dari HowToGeek (31/8/15).

Akses Google Drive secara offline dari Chrome

Anda bisa mengakses file secara offline di Google Drive via ekstensi aplikasi yang ada di Web Chrome. Pertama-tama, pastikan aplikasi Google Drive sudah terinstal di web chrome Anda dengan mengunjungi halaman Chrome Web Store. Jika sudah terinstal, maka Google Drive akan menampilkan tulisan "Visit Website" di pojok kanan atas.

Klik tulisan tersebut maka Anda akan diarahkan langsung ke versi web Google Drive.

Arahkan kursor ke ikon Settings yang ada di pojok kanan. Kemudian klik ikon tersebut maka Anda akan melihat tampilan sebagai berikut.

Centang pilihan "Offline" yang ada di barisan terbawah pilihan menu. Klik "Done" dan secara otomatis kini Anda bisa mengakses file yang tersimpan di akun Google Drive Anda secara offline.  

WHAT TO READ NEXT ?