CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 13 Februari 2016 15:00

Telegram terbaru dapat kirim pesan suara layaknya orang bertelepon

Cukup mengangkat smartphone ke telinga, maka fitur pesan suara akan merekam suara Anda secara otomatis.

Telegram terbaru dapat kirim pesan suara layaknya orang bertelepon

Techno.id - Telegram telah merilis serangkaian pembaruan aplikasi untuk berbagai perangkat, termasuk Android dan iOS. Dengan pembaruan ini, pengguna dapat mengirim dan menerima pesan suara lebih mudah seperti orang yang sedang mengangkat telepon. Selain itu, Telegram juga menghadirkan update lain, seperti tambahan fitur untuk chat rahasia, pengaturan privasi baru, dan edit foto.

Namun, di antara semua pembaruan tadi, sepertinya yang paling mengesankan adalah pesan suara. Pasalnya, fitur pesan suara terbaru ini dapat langsung mengenali suara, begitu smartphone di angkat ke telinga. Sayangnya, fitur ini kemungkinan tidak bisa dinikmati oleh semua perangkat. Hanya smartphone dengan fitur canggih (mempunyai sensor jarak, giroskop, dan accelerometer) yang bisa menggunakan fitur tersebut.

Telegram sendiri juga mengakui bahwa untuk mendapatkan pengalaman mengirim pesan suara terbaru, perangkat yang digunakan harus yang sesuai dengan kriteria pengembang. Jadi, jika perangkat komunikasi Anda tidak mendukung persyaratan dari pengembang, berarti Anda tidak akan bisa menjajalnya. Lagi pula, pembaruan ini masih dalam tahap uji coba. Sehingga, kinerja fitur pesan suara juga belum maksimal.

Pesan suara Telegram
© 2016 telegram.org/telegram.org

Lebih lanjut, bagi pengguna Android, Anda harus bersyukur karena terdapat pembaruan yang dikhususkan untuk perangkat Android saja. Pembaruan tersebut adalah tambahan fitur edit foto rotate, fade, tint, dan kurva, seperti yang disadur dari VentureBeat (12/2/2016).

Namun, Telegram tak mau pilih kasih. Mereka juga menghadirkan pembaruan spesial untuk perangkat iOS. Saat ini, perangkat iOS dapat berbagi foto, video, audio, dokumen, dan lokasi kepada pengguna Telegram lain. Tak hanya itu, untuk perangkat iPad lebih spesial lagi. iPad Anda kini telah didukung dengan fitur hotkeys untuk menavigasi chatting dan mengirim pesan tanpa menyentuh layar iPad.

WHAT TO READ NEXT ?