CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 17 Agustus 2015 17:00

Qlue, tempat berkeluh kesah warga ibukota

Aplikasi ini bisa disebut sebagai tempat berkumpulnya warga Jakarta untuk berkeluh kesah mengenai masalah yang terjadi di sekitar mereka.

Qlue, tempat berkeluh kesah warga ibukota

Techno.id - Permasalahan sosial di Jakarta yang sudah begitu kompleks, membuat Qlue Social, pengembang aplikasi lokal turun tangan bersama dengan pemerintah DKI Jakarta dengan menciptakan solusi pintar berupa aplikasi berbasis forum untuk mengatasi permasalahan di ibukota negara tersebut. Aplikasi ini bisa disebut sebagai tempat berkumpulnya warga Jakarta untuk berkeluh kesah mengenai masalah yang terjadi di sekitar mereka.

Pengguna bisa melaporkan segala macam permasalahan yang terjadi di sekitar lingkungannya seperti masalah sanitasi, jalan berlubang, jalan rusak, pedagang kaki lima ilegal, dan lainnya. Disebutkan, dalam beberapa jam pengajuan keluhan, pemerintah yang telah terhubung dengan aplikasi ini bakal merespon keluhan pengguna dan berusaha untuk menyelesaikan masalah yang dikeluhkan oleh warga tersebut.

Selain menyampaikan keluhan, pengguna juga bisa mengajukan isu-isu mengenai permasalahan kota di forum khusus yang terdapat dalam aplikasi ini. Nantinya, dari pengajuan isu tersebut pengguna bisa mendiskusikannya dengan pengguna lain untuk mencari solusi dari masalah yang terjadi.

Menariknya, aplikasi ini terhubung dengan layanan navigasi sehingga memudahkan pengguna melihat laporan-laporan permasalahan yang terjadi di Jakarta, semisal lokasi banjir maupun macet. Pengguna juga bisa mengkreasikan avatar khusus yang sesuai dengan selera untuk menampilkan kepribadian pengguna di forum ini.

Aplikasi yang dirancang khusus untuk mendukung program Smart City kota Jakarta ini tersedia secara gratis melalui Google Play Store. Jadi, jika Anda warga ibukota yang ingin berkontribusi terhadap keamanan dan kenyamanan Jakarta, Anda bisa mengunduh aplikasi ini di sini dan menjadi bagian dari warga yang cerdas memajukan daerahnya.

 

WHAT TO READ NEXT ?