CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 23 Januari 2016 06:00

Pengembang: Tak ada untungnya buat aplikasi Windows 10

Salah satu pengembang berkata bahwa membuat aplikasi Windows 10 tak menguntungkan sama sekali, buang-buang waktu saja.

Pengembang: Tak ada untungnya buat aplikasi Windows 10

Techno.id - Selama berbulan-bulan, para pengembang banyak yang mengeluh kepada Microsoft. Bahkan, salah satu dari mereka mengatakan bahwa tidak perlu membuat aplikasi Windows 10 lagi, buang-buang waktu saja. Hal ini memang beralasan, soalnya kebanyakan dari aplikasi yang dibuat oleh pengembang tidak pernah muncul di toko aplikasi Windows 10.

Permasalahan ini juga dialami oleh pengembang senior yang bernama Nikolaus Gebhardt. Pengembang yang sudah membuat aplikasi dan game sejak awal tahun 2000-an ini merasa sangat frustasi karena penjualan aplikasi Windows 10 miliknya tak menguntungkan sama sekali.

"Sejak Windows 10 tiba, penjualan semua aplikasi saya sangat rendah bila dibandingkan dengan toko aplikasi lain. Penjualan aplikasi Windows 10 saya turun secara signifikan, bahkan mendekati angka nol, tulis Nikolaus di halaman Reddit.

Bagaimana tidak menurun, menurut Nikolaus setiap pengunjung yang memasukkan keyword aplikasi di toko aplikasi Microsoft, maka semuanya tak akan menjumpai aplikasi miliknya. Apalagi jika Anda mengetikkan salah satu kata kunci saja, pasti aplikasinya tak dapat ditemukan.

"Anda tak akan menemukan aplikasi saya di toko aplikasi. Walau Anda sudah memasukkan kata kunci, Anda tetap tak akan menemukan aplikasi saya di mana pun. Kecuali, Anda benar-benar tahu nama aplikasi saya," jelasnya, seperti yang disampaikan oleh BusinessInsider (22/01/2016).

Ketika keluhan ini sampai ke telinga Microsoft, mereka hanya memberikan nasihat kepada pengembang. Intinya, cara mudah agar aplikasi mereka ditemukan di toko aplikasi Windows 10, pengembang harus membuat aplikasi yang menonjol dan memiliki kemampuan yang menarik. Pastikan aplikasi tersebut memiliki nama, merek, ikon, dan konten.

Dengan kata lain, Microsoft menganggap bahwa aplikasi pengembang yang sulit ditemukan di toko aplikasi itu karena aplikasi tersebut kurang menarik. Padahal, kata Nikolaus, permasalahan seperti ini hanya ditemukan pada aplikasi Windows 10. Sebelumnya, pada aplikasi Windows 8 tak demikian.

WHAT TO READ NEXT ?