Microsoft gandeng Lenovo kombinasikan Cortana dan REACHit

Microsoft gandeng Lenovo kombinasikan Cortana dan REACHit

Techno.id - Setelah sebelumnya konfirmasi Cortana bakal saingi Siri, Microsoft dalam ajang Lenovo Tech World kembali 'unjuk gigi' dengan Cortana. Dalam siaran persnya, Microsoft mengabarkan telah menggandeng Lenovo untuk mengkolaborasikan layanan Cortana yang dikembangkan oleh Microsoft dan REACHit yang dikembangkan oleh Lenovo.

Saat mendemonstrasikan kepada pengunjung, REACHit terbukti dapat meningkatkan kemampuan Cortana untuk melakukan pencarian konten pada perangkat yang menggunakan Windows 10 maupun layanan cloud lainnya. Berkat intergrasi kedua platform ini, Cortana mendapat apresiasi karena sesuai dengan slogan universalnya.

Sebagai contoh, jika ada seorang pengguna yang ingin menemukan foto topi yang telah disimpan di laptop ThinkPad X1 Carbon minggu lalu, pengguna tersebut dapat menemukan foto topi yang sama di laptop ThinkPad 10. Untuk mencarinya, pengguna tersebut cukup mengatakan:

"Cortana, temukan foto yang saya simpan pekan lalu di ThinkPad X1 Carbon."

atau

"Cortana, temukan foto yang saya kerjakan di Starbucks pada pekan lalu."

Dalam demonstrasinya, Cortana dan REACHit dikabarkan telah terintegrasi dengan banyak layanan cloud populer seperti Google Drive, Dropbox, dan Box. Jadi ketika Cortana tak terintegrasi dengan REACHit, maka pengguna hanya dapat mencari file pada perangkat yang sedang digunakan dan di dalam OneDrive.

"Kita sedang hidup di dunia di mana teknologi telah mempermudah dalam mengumpulkan konten digital pribadi dalam jumlah yang belum pernah dilakukan sebelumnya," kata Mark Cohen selaku Vice Presiden Ecosystem and Cloud Services Lenovo.

"Begitu banyak informasi sehingga bisa menjadi amat sulit untuk mengingat di mana ia disimpan. Apa yang Anda butuhkan adalah seorang asisten yang selalu siap membantu. Di situlah Cortana dan REACHit hadir dan memungkinkan orang menemukan konten personal mereka dengan cara yang benar-benar alami, yakni meminta bantuan dari seorang teman (Cortana)," lanjutnya bangga.

Sedangkan pihak Microsoft melalui Peter Han selaku Vice Presiden Worldwide OEM Marketing Microsoft Corp tampak bangga karena demonstrasi Cortana dan REACHit dapat berjalan dengan lancar dan kerja kerasnya menghasilkan nilai positif.

"Sungguh luar biasa melihat Lenovo membangun sesuatu di atas platform Windows dan Cortana, untuk menciptakan suatu solusi yang unik dan bernilai, yang akan membantu pelanggan gabungan kami menjadi lebih produktif pada perangkat dan layanan milik mereka," ucap Peter.

"Tim Microsoft dan Lenovo sama-sama menggelar sesi-sesi desain kreatif, diskusi-diskusi mengenai hardware yang canggih, bahkan melalui coding maraton sampai larut malam untuk menghadirkan Cortana dan REACHit," sambungnya.

Rencananya, versi beta Cortana dan REACHit akan tersedia ketika Windows 10 diluncurkan di tahun ini. Sedangkan untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengikuti tautan ini.

(brl/red)