Mengapa dipanggil Windows 10 bukan Windows 9?

Mengapa dipanggil Windows 10 bukan Windows 9?

Techno.id - Pertanyaan seperti ini mungkin pernah tebersit di benak Anda, mengapa Microsoft memberi nama Windows 10 bukan Windows 9? Pasalnya, seperti yang kita ketahui bersama, terakhir kali Microsoft meluncurkan Windows 8.1 yang bila terdapat pembaruan seharusnya menjadi Windows 9. Namun, hal ini tidak seperti yang diperkirakan. Ada apa gerangan?

Ternyata, semua ini ada alasannya tersendiri. Angka 10 pada Windows sebenarnya bukanlah sebuah nomor versi dari sistem operasi melainkan hanya pelafalan nama saja. Dari info yang dikemukakan ExtremeTech (28/7/15), nomor versi merupakan urutan produk yang pernah diluncurkan oleh Microsoft.

Misalnya Windows Vista, sistem operasi tersebut memiliki nomor versi 6.0, kemudian muncul Windows 7 dengan nomor versi 6.1. Begitu pula, Windows 8 (6.2), Windows 8.1 (6.3), dan Windows 10 dengan nomor versi 6.4.

Hal ini juga pernah terjadi beberapa waktu silam. Ingatkah Anda dengan Windows NT, Windows XP, maupun Windows Vista. Semua penamaan Windows diberikan nama berupa huruf, lalu setelah Windows Vista tiba-tiba Microsoft memberi nama Windows 7.

Memang sangat mengejutkan ketika mengetahui nama yang tadinya berupa huruf langsung berpindah ke angka. Namun, ternyata semua itu dimaksudkan untuk memfokuskan pelanggan pada pembaruan Windows terbaru dan menutup kenangan lama tentang Windows sebelumnya.

Penamaan terbaru ini pun juga demikian. Jadi, Microsoft sengaja melompati Windows 9 untuk menunjukkan bahwa Windows 10 lebih baik dua kali lipat dari Windows sebelumnya (Windows 8.1). Oleh karena itu, Microsoft langsung memberikan nama Windows 10 yang mengisyaratkan kepada pelanggan bahwa sistem operasi tersebut merupakan karya mereka yang paling baik dibandingkan Windows yang lain.

(brl/red)