Lebih hemat kuota dengan fitur baru Opera, video kompresi

Lebih hemat kuota dengan fitur baru Opera, video kompresi

Techno.id - Tak dapat dipungkiri, perkembangan teknologi smartphone saat ini telah membuat orang lebih nyaman mengakses video online melalui perangkat genggam. Hal ini pun kian diperkuat dengan berbagai fitur penghemat kuota data di setiap aplikasi peramban web.

Seperti yang baru saja dilakukan oleh Opera Software untuk aplikasi peramban web andalannya, Opera. Setelah sebelumnya telah dioptimalkan dari sisi web cache, kini Opera diklaim akan lebih hemat kuota dengan fitur baru yakni video kompresi.

Sebagaimana dikutip dari Ubergizmo (03/11), video kompresi memiliki cara kerja yang bersifat otomatis. Artinya, pengguna cukup memutar video online seperti biasa, dan selanjutnya Opera akan mengompresi ukuran (size) video secara otomatis.

"Mulai sekarang, pengguna Opera tidak perlu takut dengan proses buffering video yang lama. Karena Opera browser untuk Android siap menyelamatkan (kuota data) dengan video kompresi," tulis Opera dalam update terbarunya.

Sebagaimana kutipan Opera di atas, fitur ini sudah dapat dinikmati di versi terbaru dari aplikasi Opera browser. Meski tidak disebutkan secara langsung, fitur video kompresi sejatinya juga sudah bisa dinikmati pada aplikasi Opera Mini.

(brl/red)