CONNECT WITH US
Denny Mahardy |
 11 Juni 2015 15:00

Jongla klaim revolusi tren pesan instan pakai fitur unik

Stiker interaktif dan pesan suara dengan efek unik menjadi senjata utama Jongla dalam mengubah tren pemakaian pesan instan di dunia.

Jongla klaim revolusi tren pesan instan pakai fitur unik

Techno.id - Layanan pesan instan sudah bukan barang baru bagi para pengguna smartphone di Indonesia. Stiker, push to talk, dan emoticon seakan menjadi fitur dasar yang hadir di hampir semua layanan pesan instan populer, seperti BlackBerry Messenger, Line, KakaoTalk, maupun WhatsApp.

Jongla, yang belum lama ini masuk ke pasar Indonesia, ternyata tak mau ketinggalan. Perusahaan asal Finlandia itu pun membuat sajian baru bagi para penggunanya, yakni dengan menyuguhkan stiker interaktif sekaligus pesan suara unik yang dinamai Candy Sound.

Stiker yang disediakan oleh Jongla memang unik. Aplikasi ini menampilkan stikernya dalam bentuk animasi yang dilengkapi efek suara. Interaktifnya? Pengguna bisa memainkan stiker tersebut dengan cara menyentuh layar ponselnya secara berulang untuk memainkan suara dan animasi stikernya berkali-kali.

Fitur lainnya ialah Candy Sound berupa push to talk message dengan efek lucu berkualitas tinggi untuk yang bisa mengubah suara penggunanya jadi karakter unik yang disukainya. Saat ini, Jongla memiliki tiga karakter suara yang bisa dipilih pengguna sewaktu berkirim pesan dengan temannya yakni Chipmunk, Policeman, dan Yeti.

Candy Sound juga diklaim menjadi salah satu kekuatan utama Jongla dalam mengekspansi pasar pesan instan dunia. Mereka mengklaim fitur ini ialah pembeda utama dari aplikasi sejenis. Bahkan, Jongla menyerupakan inovasinya seperti langkah revolusi Instagram yang saat itu hadir dengan filter foto dan simbol, yang mentransformasi maksud tanpa kata-kata dalam kalimat.

"Jongla berniat merevolusi layanan pesan singkat dengan efek suara. Secara teknis, Sound Candy mengubah suara pengguna dengan cara mengaplikasikan efek seperti perubahan nada, penundaan, dan penambahan ke rekaman audio. Ini membuat pesan suara ke level berikutnya dalam hal menyenangkan," ujar Riku Salminen, CEO Jongla.

Di menu shop Jongla, tersedia sejumlah opsi stiker gratis. Jikalau menginginkan stiker yang lebih menarik, para pengguna bisa membeli stiker interaktif khusus yang rata-rata dibanderol Rp12 ribu untuk pemakaian selamanya.

Salah satu paket stiker berbayar yang ada di sana ialah Punakawan. Karakter Punakawan dipilih Jongla sebagai stiker lokal asal Indonesia yang bisa dijajal semua penggunanya di seluruh dunia. Rencananya, Jongla bakal menyediakan lebih banyak stiker dan konten lokal Indonesia di aplikasinya bagi semua penggunanya di dunia.

"Dalam waktu dekat, kita akan meluncurkan beberapa stiker lain yang juga menyangkut Indonesia bagi pengguna Jongla di seluruh dunia. Kita harapkan stiker ini siap diluncurkan dalam beberapa bulan ke depan," papar Riku sewaktu berkunjung ke kantor redaksi Techno.id.

WHAT TO READ NEXT ?