CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 17 Desember 2015 18:00

Fitur SMS di Google Hangouts akan dihapus?

Apa alasan Google menghapus fitur krusial tersebut di Hangouts?

Fitur SMS di Google Hangouts akan dihapus?

Techno.id - Sebuah rumor terbaru mengungkapkan bahwa pembaruan dari aplikasi Google Hangouts mendatang akan mulai menghilangkan fitur SMS dan MMS. Celakanya, penghapusan ini akan berlaku baik untuk mengirim maupun untuk menerima pesan.

Sebagai pihak pengembang, hingga kini Google masih belum memberikan klarifikasi. Hal menariknya, mesin pencari terbesar di dunia itu bahkan juga tidak menjelaskan alasan mengapa fitur krusial Hangouts tersebut harus dihapus.

Kendati demikian, sejumlah pihak sudah mulai menganalisis penyebab dihapusnya fitur SMS dan MMS di Hangouts. Sebagaimana dikutip dari Phandroid (16/12), berikut beberapa penyebab yang berhasil dikumpulkan.

Pertama, Google sering mendapat keluhan dari para pengguna Hangouts (khususnya untuk fitur SMS dan MMS). Oleh sebab itu, Google berniat sekalian menghapusnya. Selain keluhan hilang, pengguna Hangouts juga akan memiliki pengalaman baru.

Kedua, bagi sebagian orang, fitur SMS dan MMS di Hangouts memang dirasa kurang begitu berguna. Pasalnya, berkirim pesan dengan Hangouts tetap akan dipotong pulsa reguler dan bukannya pulsa dari paket internet. Hal sebaliknya justru terjadi di iMessage.

Ketiga, sistem operasi Android dapat menggunakan aplikasi SMS dan MMS dari pihak ketiga. Dengan kata lain, pengguna Android diberi kebebasan untuk berkirim SMS dan MMS melalui aplikasi favoritnya.

Sementara untuk alasan terakhir, adalah pengguna Google Voice yang enggan berkirim pesan dengan pengguna Hangouts. Jadi, jika nantinya memang bakal dihapus, prediksi terkuat adalah Google ingin menggabungkan alat komunikasi para penggunanya.

WHAT TO READ NEXT ?