CONNECT WITH US
Erick |
 18 Desember 2015 08:00

Dianggap ilegal, WhatsApp diblok selama 48 jam!

Apa yang menyebabkan sidang memutuskan untuk memblok aplikasi Messenger yang satu ini? Berikut alasannya...

Dianggap ilegal, WhatsApp diblok selama 48 jam!

Techno.id - Pengguna aktif WhatsApp Messenger di seluruh dunia tak terhitung jumlahnya. Aplikasi yang satu ini memang banyak digunakan sebagai Messenger utama dengan berbagai pertimbangan. Namun kabarnya, aplikasi ini diblok selama 48 jam penuh. Ada apa?

Seperti yang telah diberitakan oleh The Verge pada hari Rabu (16/12/15) lalu, sidang pengadilan di Sao Paulo, Brazil memutuskan untuk memblok aplikasi WhatsApp selama 48 penuh. Keputusan ini berdasar atas tuntutan yang diajukan oleh salah satu perusahaan telekomunikasi di Brazil yang tak mau disebutkan namanya.

Perusahaan tersebut telah memantau bahwa pengguna WhatsApp di Brazil semakin meningkat setiap tahunnya. Hal itulah yang menyebabkan kerugian pada perusahaan tersebut. Kepada pemerintah Brazil, pihaknya mengatakan bahwa fitur telepon gratis pada WhatsApp tersebut tidak diregulasi dan dianggap ilegal.

Hal inilah yang menyebabkan angka pengguna layanan telepon konvensional menurun secara signifikan. Lalu, apakah dengan ditutupnya layanan WhatsApp berdampak pada naiknya pengguna telepon? Fakta yang ada di lapangan justru sebaliknya.

Selain banyak meme beterbangan di sosial media terkait kebijakan tersebut, keuntungan justru dirasakan bagi para kompetitor WhatsApp. Warga Brazil pun ternyata banyak yang beralih pada Telegram sejak WhatsApp diblok. Tercatat, pengguna Telegram meningkat sebanyak 1 juta orang setiap harinya sejak kebijakan tersebut diberlakukan.

 

WHAT TO READ NEXT ?