Cara mudah dan cepat ubah smartphone jadi mikrofon untuk PC

Cara mudah dan cepat ubah smartphone jadi mikrofon untuk PC

Techno.id - Tahukah Anda, smartphone yang Anda gunakan sehari-hari ternyata bisa dipakai untuk menggantikan fungsi mikrofon di PC? Ya, smartphone bisa Anda gunakan untuk mengganti fungsi mikrofon di PC yang sedang rusak untuk merekam suara atau kebutuhan lainnya dengan bantuan aplikasi tertentu.

Aplikasi yang dimaksud adalah WO Mic, sebuah aplikasi perekam yang bisa Anda dapatkan secara gratis di Google Play Store. Dengan aplikasi ini Anda bisa dengan mudah merekam apa pun ke PC Anda meski saat itu mikrofon built-in di PC sedang rusak.

Nah, berikut ini Techno.id berikan langkah-langkah sederhana menggunakan aplikasi WO Mic untuk membantu Anda merekam suara dari PC seperti kami kutip dari MakeTechEasier (2/2/16). Sebagai catatan, aplikasi sebenarnya bisa digunakan dengan bantuan konektivitas WiFi, Bluetooth, dan juga USB. Namun, kali ini kami menggunakan bantuan konektivitas WiFi untuk menghubungkan smartphone dengan PC.

  1. Hal pertama yang perlu dilakukan untuk menghubungkan antara smartphone dengan PC adalah pastikan aplikasi ini telah terinstal di perangkat Android. Selain itu, pastikan aplikasi dan driver WO Mic telah terinstal di PC Windows atau hanya aplikasinya saja bagi Anda yang menggunakan Mac.
  2. Setelah dipastikan aplikasi telah terinstal, maka buka aplikasi di perangkat Android Anda lalu tekan menu Settings yang ada di bagian atas layar.

    Cara mudah dan cepatubah smartphone jadi mikrofon untuk PC

  3. Tekan menu Transport untuk memilih metode penghubung. Anda akan melihat tiga pilihan metode yakni Bluetooth, USB, dan WiFi. Pilih salah satu (kami pilih metode penghubung dengan WiFi).

    Cara mudah dan cepatubah smartphone jadi mikrofon untuk PC

  4. Setelah memilih salah satu metode penghubung, maka Anda akan diarahkan ke layar utama aplikasi dan Anda akan melihat sebuah alamat IP terdaftar. Catat alamat IP tersebut karena Anda akan sangat membutuhkannya untuk langkah berikutnya.

    Cara mudah dan cepatubah smartphone jadi mikrofon untuk PC

  5. Selanjutnya, klik Start yang ada di bagian atas layar smartphone Anda.
  6. Setelah proses dengan perangkat Android selesai, maka segera klik aplikasi WO Mic pada PC Anda. Jika Anda menggunakan Mac, klik pada Launchpad di dock Anda dan klik pada WO Mic Client.
  7. Ketika membuka aplikasi pada PC, maka akan muncul tampilan seperti berikut ini. Cara mudah dan cepatubah smartphone jadi mikrofon untuk PC
  8. Masukkan alamat IP yang sudah Anda catat tadi ke kotak Target IP address. Diamkan beberapa saat agar kedua perangkat bisa saling terintegrasi.
  9. Nah, setelah itu jangan lupa bubuhkan tanda centang pada menu Play in Speaker untuk menguji fungsionalitas aplikasi. Dan sekarang tekan Connect agar Anda bisa mulai menggunakan aplikasi untuk mengganti fungsi mikrofon pada PC.

Sebagai catatan, jika Anda sudah tak lagi menggunakan aplikasi ini maka Anda bisa mengklik tombol Disconnect pada tampilan aplikasi di PC atau tekan Stop pada perangkat Android.

(brl/red)