Cara gunakan Google Maps offline

Cara gunakan Google Maps offline

Techno.id - Google Maps terus memberikan fitur baru pada aplikasi pemetaannya, salah satunya adalah fitur yang memungkinkan untuk digunakannya aplikasi ini dalam keadaan offline.

Tentu saja ini banyak membantu pengguna, apalagi jika paket data yang tersisa tidak memungkinkan untuk membuka aplikasi pemetaan milik Google ini.

Nah, bagaimana caranya menggunakan aplikasi ini tanpa adanya jaringan internet?

Untuk menggunakan Google Maps secara offline, pertama-tama yang Anda harus lakukan adalah membuka aplikasi ini secara online.

Setelah membuka aplikasi tersebut, Anda bisa mencari lokasi yang ingin Anda simpan atau Anda tuju. Setelah menemukan tujuan tersebut, ada tiga cara yang bisa Anda lakukan, pertama Anda bisa ketikkan 'Ok Maps' atau tekan gambar 'mikrofon' dan katakan 'Ok Maps'. Selain itu, Anda bisa menggunakan cara lain yakni dengan menekan bar pencarian lalu tekan pilihan 'Save a New Offline Map'.

Cara gunakan Google Maps offline

Setelah melakukan seperti hal di atas, akan muncul pertanyaan untuk meyakinkan Anda menyimpan peta yang diinginkan. Selanjutnya, jika Anda ingin menyimpannya Anda bisa memilih 'Save' pada bawah layar Anda.

Cara gunakan Google Maps offline

Untuk mengakses peta yang sudah Anda simpan, Anda bisa menekan icon 'hamburger' di sudut kiri atas, dan pilih 'Your Places'. Setelah itu, Anda bisa melihat pilihan 'Saved Places' yang berisi beberapa peta yang sudah Anda simpan.

Cara gunakan Google Maps offline

Ini artinya, peta yang sudah Anda simpan bisa Anda akses walaupun Anda tidak memiliki jaringan internet. Nah, mudah bukan? Jika Anda masih belum paham, Anda bisa memutar video di bawah ini yang dilansir oleh Androidpit.com:



(brl/red)