Beri mahar Rp3,4 triliun, kini Microsoft resmi miliki SwiftKey

Beri mahar Rp3,4 triliun, kini Microsoft resmi miliki SwiftKey

Techno.id - Microsoft resmi mengakuisisi developer aplikasi keyboard ternama, SwiftKey. Raksasa teknologi asal Redmond itu kabarnya mengeluarkan dana sekitar Rp3,4 triliun untuk bisa memiliki developer aplikasi yang berbasis di London, Inggris tersebut.

Sebagaimana dilansir oleh BusinessInsider (3/2/16), aplikasi keyboard SwiftKey saat ini memang sangat populer. Lebih dari 300 juta smartphone saat ini telah menggunakan aplikasi besutan Jon Reynolds dan Ben Medlock tersebut.

Aplikasi yang masuk ke deretan aplikasi terpopuler baik di Google Play dan App Store itu bisa sangat populer berkat teknologi mesin pembelajaran canggih yang diusungnya. Ya, berkat mesin pembelajaran tersebut, kabarnya SwiftKey mampu menyarankan kata berikutnya atau frase yang ingin pengguna ketik berdasar kebiasaan mengetik.

Meski telah mengakuisisi SwiftKey, Microsoft sebenarnya telah mengembangkan aplikasi keyboard canggihnya sendiri yang disebut Word Flow. Aplikasi yang kabarnya nanti bakal terintegrasi dengan Windows 10 Mobile dan iPhone ini memungkinkan pengguna mengetik dengan satu tangan saja.

Sayangnya, belum diketahui apa rencana kedua pihak baik Microsoft maupun SwiftKey pasca proses akuisisi ini. Mungkin saja, teknologi mesin pembelajaran dari SwiftKey nanti akan digunakan untuk mendukung aplikasi keyboard Word Flow milik Microsoft.

(brl/red)