CONNECT WITH US
Erick |
 25 September 2015 05:00

Awas, lockscreen Android Lollipop ternyata sangat mudah dibobol!

Sementara pihak Google masih mencari jalan keluarnya, ada baiknya Anda mengikuti cara berikut untuk mengamankan ponsel.

Awas, lockscreen Android Lollipop ternyata sangat mudah dibobol!

Techno.id - Jika Anda pengguna ponsel berbasis Android 5.1.1 dan hanya menggunakan fitur Lockscreen bawaan pabrik, maka inilah saatnya berhati-hati. Tak peduli seberapa sulit kombinasi password yang Anda buat, ternyata Lockscreen standar ini sangat mudah untuk dibobol.

Seperti yang telah diberitakan oleh DIY Photography pada hari Selasa (22/09/15) lalu, beberapa ilmuwan dari University of Texas sedang meneliti lebih lanjut fitur keamanan pada ponsel berbasis Android 5.1.1 ini. Secara mengejutkan, ternyata sistem kemanan tersebut bisa dibobol begitu saja.

Pada tampilan Lockscreen, ada shortcut kamera, sehingga Anda bisa mengaksesnya tanpa harus repot membuka PIN atau Passkey atau terlebih dahulu. Fitur inilah yang justru rentan terhadap pembobol. Setelah mengaktifkan kamera, Anda tetap bisa masuk ke ponsel dengan menggeser taskbar.

Cara yang sebelumnya pernah dilaporkan pada Google adalah, dari Lockscreen, Anda tentu bisa masuk pada Emergency Call. Setelah masuk, tinggal ketik saja deretan angka acak yang panjang, lalu copy dan paste lagi sampai beberapa kali.

Cara tersebut bisa menyebabkan aplikasi Dialer mengalami crash dan menutup. Saat menutup, ponsel tak lagi kembali pada Lockscreen melainkan Anda bakal langsung dibawa pada Home Screen. Tentu saja artinya sistem keamanan ponsel tak lagi bekerja saat terjadi crash.

Saat ini masalah tersebut sedang diteliti lebih jauh oleh pihak Google dan setelah selesai, Anda akan menerima Firmware Fix. Kabar baiknya adalah, ternyata kedua cara tersebut tak berlaku jika Anda menggunakan Pattern Lock untuk mengunci device. Nah, sementara menunggu Firmware Fix-nya keluar, ada baiknya Anda mengganti PIN atau Passkey dengan Pattern Lock terlebih dahulu.

Berikut adalah video ketika para ilmuwan membuka Lockscreen dengan kedua cara di atas. Setelah section copy-paste, Anda bisa men-skip video pada menit ke 8:00 karena prosesnya sangat membosankan.

 

WHAT TO READ NEXT ?