Aplikasi Matamassa siap kawal pelaksanaan Pilkada serentak

Aplikasi Matamassa siap kawal pelaksanaan Pilkada serentak

Techno.id - Internet memiliki berbagai kemampuan yang bisa dimanfaatkan untuk membantu kehidupan manusia. Aplikasi mobile yang memanfaatkan akses internet ternyata juga bisa digunakan dalam proses pelaksanaan demokrasi yang berlangsung di Indonesia.

Buktinya, aplikasi Matamassa yang disediakan sebagai wadah penampung laporan kecurangan yang terjadi semasa pemilihan umum. Diperkenalkan tahun lalu, aplikasi ini diklaim sudah mendapat lebih dari 1.800 laporan yang dikirimkan langsung dari masyarakat.

"Tahun lalu, kami sudah bekerja sama dengan KPU dan Bawaslu untuk mengawal Pemilihan Umum Legislatif dan Presiden. Hasilnya cukup bagus, lebih dari 1.800 laporan pelanggaran masuk lewat Matamassa yang kemudian kami publikasikan," kata Nanang Syaifudin selaku Direktur Eksekutif iLab, lembaga pembuat aplikasi Matamassa.

Tak puas dengan hasil yang diraih tahun lalu, Matamassa mengaku bakal kembali mengawal pelaksanaan Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) yang akan diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia. Bahkan, tim iLab mengaku sudah menyiapkan 34 aplikasi agar bisa dipakai di tiap provinsi.

"Kali ini kita buat 34 aplikasi, sesuai jumlah provinsi biar lebih mudah dalam verifikasi laporan yang masuk. Sementara ini, aplikasinya sudah tersedia buat pengguna Android, buat iOS dan BlackBerry sedang menunggu verifikasi," tambah Nanang.

Aplikasi Matamassa sendiri merupakan hasil kerja sama iLab bersama Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta. keduanya berharap kehadiran aplikasi ini bisa membantu pemantauan Pemilu bersih yang jadi wujud penegakan demokrasi di Indonesia.

Matamassa juga bisa diakses melalui situs matamassa.org yang juga dipakai tempat publikasi semua laporan dan aktivitas Matamassa. Pengembangan aplikasi Matamassa ini didukung oleh Southeast Asia Technology dan Transparancy Initiative (SEATTI).

(brl/red)