CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 3 Februari 2016 21:00

Android Marshmallow sudah kuasai pangsa pasar 1,2 persen

Sistem operasi baru yang mampu naik 0,7 persen dalam dua bulan dinilai sebagai sebuah pencapaian manis

Android Marshmallow sudah kuasai pangsa pasar 1,2 persen

Techno.id - Secara teknis, Android Marshmallow boleh dikatakan sebagai sistem operasi yang masih seumur jagung. Nyatanya, handset pertama yang mulai menjalankan Android versi keenam ini baru dirilis akhir September tahun lalu (Nexus 5X dan 6P).

Sebuah fakta menariknya, Google (01/02) baru saja melaporkan bahwa Marshmallow kini telah menyumbang 1,2 persen dari seluruh versi Android. Padahal bulan Desember lalu, pangsa pasarnya baru sebesar 0,5 persen saja (naik 0,7 persen dalam dua bulan).

Pangsa pasar Android versi Google
© 2016 android.com/Google

Selain Marshmallow, Lollipop ternyata juga mengalami lonjakan serupa. Di bulan Desember lalu, pangsa pasar Android versi kelima ini hanyalah sebesar 29,5 persen. Namun per Februari tahun ini, angka tersebut meningkat menjadi 34,1 persen.

Kenaikan pangsa Marshmallow sendiri diprediksi akan berada pada puncaknya di akhir tahun 2016. Kendati demikian, sejumlah pihak masih meragukan lantaran mayoritas perusahaan OEM di sepanjang tahun ini sudah menjadwalkan diri dengan Lollipop.

Sejauh ini, posisi pertama masih didominasi oleh KitKat (4.4) dengan 35,5 persen. Kemudian di posisi kedua ada Lollipop (5.0 dan 5.1) dengan 34,1 persen, dan Jelly Bean (4.1.x, 4.2.x dan 4.3) yang mengamankan posisi ketiga dengan 23,9 persen.

WHAT TO READ NEXT ?