CONNECT WITH US
Denny Mahardy |
 25 Juni 2015 15:54

Facebook Lite hadir di Google Play Store Indonesia

Ingin mengakses Facebook dari ponsel jadul dengan koneksi internet yang minim? Jawabannya ada di Facebook Lite

Facebook Lite hadir di Google Play Store Indonesia

Techno.id - Sebagaimana diinformasikan sebelumnya, di awal bulan Juni lalu, Facebook meluncurkan versi 'mini' dari aplikasi Facebook yang dinamai dengan Facebook Lite. Melalui press release-nya (04/06/15), Facebook mengatakan bahwa sasaran utamanya yakni pengguna Asia.

Kendati demikian, Facebook tidak merinci lebih jauh negara-negara Asia mana saja yang akan menyediakan aplikasi Facebook Lite di Google Play Store. Berdasarkan pantauan Techno.id di awal bulan Juni lalu, Facebook Lite masih belum tersedia di Google Play Store Indonesia.

Untungnya di akhir bulan ini, Facebook Lite ternyata sudah tersedia di Google Play Store Indonesia dan sudah dapat diunduh dengan gratis. Adapun ukuran dari aplikasi Facebook Lite tak lebih dari 1MB (tepatnya 435kb) dan telah mendukung di semua ponsel maupun versi dari sistem operasi Android.

"Aplikasi Facebook Lite akan membuat pengguna tetap mendapatkan kualitas yang sangat baik saat mengakses layanan kami tapi dengan penggunaan data yang jauh lebih kecil. Experience jadi bagian penting dari aplikasi kami ini," ujar Vijay Shankar selaku Product Manager untuk Facebook Lite saat dijumpai tim Techno.id.

Sekadar informasi bahwa Facebook Lite merupakan aplikasi alternatif yang langsung dikembangkan oleh Facebook. Aplikasi ini dibuat khusus bagi pengguna Facebook yang ingin mengakses melalui ponsel jadulnya dengan koneksi internet yang minim atau lambat (2G).

"Kami terus berusaha menghadirkan kenyamanan bagi pengguna Facebook dalam berbagai situasi. Facebook Lite dibuat untuk jadi senjata andalan bagi pengguna Facebook saat menghadapi situasi kondisi bandwidth sangat minim," terangnya.

Adapun fitur utama dan khas Facebook seperti news feed, status updates, foto, notifikasi dan sejenisnya telah tersedia di Facebook Lite. Sedangkan fitur Facebook yang tak disertakan di versi 'mini' ini hanyalah layanan sekunder seperti sistem pencari teman terdekat.

WHAT TO READ NEXT ?