Kemkominfo targetkan 2018 jaringan Broadband sudah merata

Kemkominfo targetkan 2018 jaringan Broadband sudah merata

Techno.id - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menargetkan jika di tahun 2018 nanti, seluruh kota atau kabupaten di Indonesia sudah terhubung dengan jaringan "Broadband".

"Dari sekitar 500 kota atau kabupaten, saat ini masih ada sekitar 100 yang masih belum terhubung dengan infrastruktur Broadband. Kami targetkan 2018, seluruh kota dan kabupaten harus sudah terhubung," ujar Rudiantara.

Pria yang akrab disapa Chief RA ini mengaku jika pihaknya sudah membicarakan hal ini dengan operator telekomunikasi di Indonesia. Namun ia mengatakan jika tidak semua operator dapat membangun jaringan karena terbentur masalah keuangan.

"Kami sudah berbicara dengan operator karena tidak semua wilayah visible secara keuangan. Operator mengatakan hanya membangun di daerah ini saja," papar Rudiantara.

Oleh sebab itu, menurutnya, akan dibangun kerja sama antara pemerintah dengan swasta untuk wilayah yang tidak dibangun operator. Ia pun merujuk pada Perpres No. 38/2015 tentang Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha dalam Penyediaan Infrastruktur.

"Akan dibangun kerja sama pemerintah dan swasta untuk wilayah yang tidak dibangun (jaringan Broadband) oleh operator," tegasnya.

Ia menjelaskan bahwa saat ini, prakualifikasi tender Palapa Ring sudah selesai dan proses tender itu sendiri ditargetkan rampung pada akhir tahun 2015. Atas dasar itu, Rudiantara yakin jika semua kota atau kabupaten akan terhubung dengan Broadband pada 2018 mendatang.

(brl/red)