Lahir kembali, T-cash bikin pengguna bisa transaksi pakai stiker

Lahir kembali, T-cash bikin pengguna bisa transaksi pakai stiker

Techno.id - Penggunaan uang digital terus digenjot Telkomsel melalui produk T-cash miliknya. Operator seluler terbesar di Indonesia itu pun memperkenalkan New T-cash yang sudah mengadopsi teknologi teknologi Near Field Communication (NFC).

Demi memanjakan para pengguna layanan uang elektronik miliknya tersebut, Telkomsel telah menggandeng sejumlah merchants. Tak kurang dari 1.000 outlet yang tersebar di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi siap melayani pembayaran menggunakan layanan T-cash generasi baru tersebut.

Uniknya, teknologi NFC yang diboyong T-cash versi baru ini hanya berbentuk stiker yang dapat menempel di segala jenis ponsel. Jadi, kemudahan melakukan pembayaran secara elektronik memakai stiker NFC tidak cuma bisa dipakai pengguna smartphone tapi para pengguna ponsel 'jadul' juga bisa menikmati inovasi Telkomsel tersebut.

Lahir kembali, T-cash bikin pengguna bisa transaksi pakai stiker

"NFC ini bentuknya stiker, sehingga lebih mudah untuk ditempel di semua jenis ponsel. Jadi, masyarakat yang punya ponsel model juga lama dapat merasakannya," ujar Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkomsel di Mall Gandaria City, Jakarta.

Tak hanya menawarkan kenyamanan, NFC yang dipakai pada layanan T-cash Telkomsel juga dilengkapi keamanan yang akan melindungi saldo milik pengguna. "Meski berbentuk stiker tapi ada ID-nya, seandainya stiker hilang masih aman karena saldonya aman, imbuh Ririek.

Ia pun menjelaskan versi baru ini merupakan peningkatan dari T-cash yang pertama kali diluncurkan sudah hadir sejak tahun 2007 lalu dengan sistem berbentuk pesan singkat alias SMS. Hingga sekarang, pengguna T-cash diklaim mencapai 20 juta dari total 149 juta pelanggan Telkomsel di seluruh Indonesia.

Stiker berteknologi NFC milik T-cash yang bernama T-cash Tap juga diungkap telah mengantongi sertifikasi dari Bank Indonesia. Anak usaha Telkom Group itu mengklaim layanan ini akan memberikan kemudahan dan pengalaman kepada pelanggannya dalam bertransaksi, hanya perlu menempel stiker ke mesin pembaca yang ada di outlet milik merchant mitra T-cash.

Beberapa merchant yang sudah tercatat dapat melayani T-cash di antaranya Coffee Bean, Baskin Robbins, Wendy's, McDonald's, Bakmi GM, 7Eleven, Indomaret, dan Cinema XXI. Untuk sementara, layanan baru T-cash itu baru dirasakan di wilayah Jabodetabek, kota-kota lainnya akan menyusul.

"Kami terus mengembang produk yang memiliki fokus pada pengalaman pelanggan dan pengembangan fitur. Ke depannya, T-cash akan dikembangkan untuk layanan lainnya yang lebih luas, misalnya transportasi publik, taksi, parkir, dan berbagai layanan finansial lainnya," tandas Ririek sewaktu dijumpai tim Techno.id.

(brl/red)