CONNECT WITH US
Indah Pertiwi |
 11 Maret 2016 23:00

Indosat Ooredoo perluas cakupan network sharing ke 15 kota

"Kami ingin seefisien mungkin. Saat ini teknologi yang paling memungkinkan itu ya MOCN."

Indosat Ooredoo perluas cakupan network sharing ke 15 kota

Techno.id - Terkait kerjasama jaringan atau network sharing yang dilakukan antara dua operator seluler Indosat Ooredoo dan XL Axiata, Alexander Rusli, President Director Indosat Ooredoo, mengungkapkan akan memperluas cakupannya.

Setelah sebelumnya menjangkau empat daerah yakni Banyumas, Surakarta, Batam, dan Banjarmasin, Alex menargetkan bisa menjangkau 15 kota lainnya di Indonesia. "Tahun ini kami ingin mengembangkan network sharing ke 15 kota," ungkapnya.

Lebih lanjut diungkapkannya, dengan alasan efisiensi, keberlanjutan network sharing yang diinginkan perusahaan di tahun ini yaitu MOCN (multi operation core network) dibandingkan dengan MORAN (multi operation radio access network).

"Kami ingin seefisien mungkin. Saat ini teknologi yang paling memungkinkan itu ya MOCN," imbuhnya.

Alex menyebutkan, perbandingan efisiensi belanja modal (capex) jika memberlakukan network sharing model MORAN dan MOCN cukup signifikan.

Sementara itu nilai efisiensi bisa dicapai dengan MORAN yaitu 20 persen dari capex. Untuk model MOCN, perusahaan bisa lebih efisien hingga 45 persen. Berdasarkan hal tersebut pihaknya memilih untuk menggunakan MOCN.

Namun untuk bisa melangkah ke MOCN pihaknya masih menunggu regulasi pemerintah. "Kami menunggu regulasi yang membuat kerja sama bisa lebih optimum. Jika kemarin pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan untuk MORAN, kini MOCN yang belum. Jadi kami menunggu peraturan ke luar," tuturnya.

WHAT TO READ NEXT ?