Indosat klaim jaringannya siap tampung lonjakan trafik Lebaran

Indosat klaim jaringannya siap tampung lonjakan trafik Lebaran

Techno.id - Operator telekomunikasi Indosat mengaku jaringannya sudah siap melayani kegiatan komunikasi pelanggan dalam menyambut Lebaran 2015, khususnya di berbagai jalur mudik dan kota tujuan mudik. Perusahaan itu menyatakan kapasitas jaringan yang dimilikinya dipastikan mampu menampung peningkatan yang biasanya yang biasa terjadi di lokasi-lokasi tersebut.

Program Modernisasi Jaringan yang saat ini difokuskan di berbagai kota besar jadi langkah penting Indosat dalam persiapan menyediakan layanan terbaik di kala Lebaran. Program itu diharapkan mampu memberi pelanggan kelancaran dan kenyamanan dalam berkomunikasi selama masa peningkatkan trafik telekomunikasi menjelang Lebaran, baik untuk komunikasi suara, SMS maupun data.

Khusus untuk menghadapi masa-masa peningkatan trafik telekomunikasi selama Ramadan dan Mudik Lebaran, kapasitas jaringan Indosat ditingkatkan antara lain untuk kapasitas trafik suara menjadi 39 juta Erlang/hari, untuk SMS kapasitas ditingkatkan menjadi 1,28 Miliar SMS/hari, sementara untuk data, Indosat meningkatkan kapasitas data menjadi 2.081 TeraByte/hari. Kapasitas ini disiapkan untuk 66,5 juta pelanggan Indosat yang didukung dengan total BTS 40.756 secara nasional.

"Tidak hanya kesiapan kapasitas, khusus untuk memantau kualitas jaringan juga akan memanfaatkan fasilitas baru dari Indosat Network Operation Center (i-NOC) dan Command Center yang baru saja kami resmikan. Customer Center kami juga siaga 24 Jam untuk diakses pelanggan melalui berbagai jalur komunikasi bagi pelanggan," demikian disampaikan John Martin Thompson, Director & Chief Technology Officer Indosat.

Selain kesiapan kapasitas jaringan, Indosat juga memastikan jaringan Indosat selama Ramadan dan Mudik Lebaran dalam performansi prima yang dipantau dan dikendalikan dari Indosat Network Operation Center (i-NOC) serta fungsi percepatan penyelesaian gangguan dan pusat koordinasi dari ruang Command Center. Command Center akan beroperasi beberapa hari sebelum dan sesudah masa Mudik Lebaran, siap siaga mengatasi bila ada gangguan jaringan secara nasional.

"Segala upaya yang kami lakukan adalah untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan dalam berkomunikasi dengan sanak saudara terutama pada momen Lebaran ini," tambah Herfini Haryono, Chief Information Officer Indosat dalam keterangan resminya.

(brl/red)