Valve hentikan dukungan Steam di MacOS generasi lama

Valve hentikan dukungan Steam di MacOS generasi lama

Techno.id - Valve akan menghentikan dukungan aplikasi Steam untuk beberapa versi MacOS pada akhir 2023. Mulai September 2023, beberapa versi MacOS tidak akan lagi dapat menggunakan layanan distribusi game milik Valve tersebut.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Valve dalam resmi di laman Steam. Dilansir dari help.steampowered, Steam akan secara resmi menghentikan dukungan untuk dua versi MacOS. Adapun, versi MacOS yang tidak akan lagi didukung oleh Steam adalah MacOS versi 10.11 ("El Capitan") dan 10.12 ("Sierra"). Setelah melewati tanggal tersebut, aplikasi Steam client tidak akan lagi dapat dijalankan dan digunakan pada MacOS dengan versi di bawah 10.13.

Valve hentikan dukungan Steam di MacOS generasi lama

foto: screencapture

"Pada 1 September 2023, Steam akan secara resmi mendukung macOS versi 10.11("El Capitan") dan 10.12 ("Sierra"). Setelah tanggal tersebut, Steam Client tidak akan dapat berjalan di versi MacOS tersebut. Menurut Valve dalam rilis resminya (diterjemahkan)

Menurut Valve, alasan pemberhentian dukungan untuk MacOS Sierra dan El Capitan adalah karena permasalahan dukungan aplikasi lain. Dalam kerjanya, Steam sangat bergantung pada Google Chrome. Sayangnya, Google Chrome sendiri sudah tidak memberikan dukungan untuk MacOS Sierra dan El Capitan.

"Perubahan ini dibutuhkan karena fitur inti pada Steam sangat bergantung pada versi terbaru dari Google Chrome, yang tidak lagi berfungsi di macOS dengan versi tua." menurut Valve dalam rilis resminya (diterjemahkan)

Agar tetap dapat menjalankan Steam Client dan menggunakan layanannya, pengguna diharuskan untuk menggunakan MacOS dengan versi yang lebih baru. Valve juga menyarankan kepada pengguna untuk tidak menunda upgrade ke sistem operasi terbaru dan segera melakukan upgrade.

Menurut Valve, penggunaan sistem operasi lama akan lebih rentan terkena serangan malware yang akan berimbas pada Steam, Game, bahkan data yang terdapat pada akun Steam yang dimiliki oleh pengguna. Apple sendiri sudah menghentikan dukungan untuk MacOS versi 10.11 pada 2018 dana versi 10.12 pada 2019.

Magang: Nabiel Mumtaz

(brl/guf)