Ternyata, ini yang membuat hutan Amazon tumbuh subur

Ternyata, ini yang membuat hutan Amazon tumbuh subur

Techno.id - Hutan Amazon memang hutan hujan paling subur di dunia, namun kesuburan hutan ini ternyata sangat dipengaruhi oleh sebuah gurun terbesar dan terluas di dunia, Gurun Sahara.

Dilansir dari Mashable.com (25/02/15), penelitian terbaru NASA menemukan bahwa setiap tahun hampir 28 juta ton debu menyapu gurun Sahara melintasi samudra Atlantik untuk mendiami Amerika Selatan. Debu-debu inilah yang membuat hutan Amazon menjadi subur.

Debu-debu yang bermigrasi sejauh 4.800 km ini membawa fosfor yang dibutuhkan hutan Amazon. Hutan ini sering hujan dan menghilangkan nutrisi kesuburannya, fosfor yang berton-ton jumlahnya membantu hutan Amazone untuk tetap subur karena fosfor ini berasal dari mineral batuan yang terdiri dari mikroorganisme mati yang dibawa angin dari danau Chad yang kering.

Para peneliti mengatakan bahwa total dari 182 juta ton debu ini dibawa oleh angin melewati tepi barat Sahara, dari jumlah itu, rata-rata 27,7 juta ton mendiami sisi lain Atlantik. Sehingga diperkirakan debu yang mencapai amerika selatan cukup untuk mengisi 104.908 semi truk.

Setiap partikel debu yang tidak lebih besar dari seperseluh ukuran rambut manusia ini secara keseluruhan dapat terlihat seperti gumpalan besar dari luar angkasa. Penelitian ini merupakan upaya yang besar untuk memahami dampak dari debu dan partikel kecil pada iklim lokal dan global.

(brl/red)