Telkom kucurkan dana Rp 3,6 triliun untuk bangun SMPCS di Papua

Telkom kucurkan dana Rp 3,6 triliun untuk bangun SMPCS di Papua

Techno.id - Sistem jaringan serat optik (SMPCS) Sulawesi Maluku Papua Cable System baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. SMPCS yang dicanangkan oleh Telkom ini berupa pembangunan jaringan serat optik dengan panjang total 8.772 Km untuk menghubungkan kawasan timur Indonesia.

SMPCS adalah kabel komunikasi bawah laut yang terbentang di wilayah Sulawesi, Maluku, dan Papua. Beberapa provinsi yang dijangkau pembangunan SMPCS di antaranya Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Nusa Tenggara Timur, Papua Barat dan Papua.

Untuk mewujudkan jaringan serat optik ini Telkom rela mengucurkan dana hingga Rp 3,6 triliun. Nantinya, pembangunan infrastruktur kabel bawah laut ini akan terbagi menjadi dua paket yaitu paket 1 sepanjang 5.617 Km dan paket 2 sepanjang 3.155 Km, seperti yang disadur dari Merdeka (11/5/2015).

Sebenarnya, SMPCS merupakan bagian dari Id-Ring, salah satu komponen Indonesia Digital Networks (IDN) yang menjadi salah satu dari tiga program utama perusahaan di tahun 2015.

Ternyata tak hanya membangun SMPCS, Telkom juga mendirikan Broadband Learning Centre di Jayapura dan Manokwari. Bahkan, Telkom juga memberikan bantuan berupa beasiswa pendidikan kepada 15 mahasiswa di Universitas Cendrawasih.

[crosslink_1]

(brl/red)