Sekarang pengguna Steam Deck bisa menyalin game ke perangkat mereka atau PC melalui jaringan lokal

Sekarang pengguna Steam Deck bisa menyalin game ke perangkat mereka atau PC melalui jaringan lokal

Techno.id - Buat para gamers khususnya pengguna konsole game, pasti nggak asing dengan Steam Deck, konsol handheld seperti PS Vita dan Nintendo Switch. Dengan menggunakan Steam Deck, memungkinkan pemain mengakses Steam dan bermain ragam permainan modern besutan Valve, perusahaan yang dikenal sebagai toko game digital, Steam.

Nah ada kabar baik nih untuk para pengguna Steam Deck. Valve memberi solusi bagi para pengguna Steam Deck yang memiliki koneksi internet lambat atau batasan bandwidth. Mereka tetap dapat menginstal game di perangkat mereka.

Sebab Versi beta Steam dan Steam Deck terbaru sekarang dapat menambahkan transfer game jaringan lokal. Steam membenamkan sebuah fitur yang memungkinkan pengguna menyalin file yang ada dari satu PC ke PC lain melalui jaringan area lokal.

Sekarang pengguna Steam Deck bisa menyalin game ke perangkatmereka atau PC melalui jaringan lokal

Dalam keterangan yang dilansir situs resmi Steam dikutip dari engadget.com, Valve mengatakan fitur ini dapat mengurangi lalu lintas internet dan mengurangi waktu yang diperlukan untuk menginstal game dan pembaruan karena pemain dapat menggunakannya untuk mem-bypass dan terhubung ke server konten Steam melalui internet.

Tidak perlu lagi khawatir tentang bandwidth atau batas data ketika semua file yang dibutuhkan sudah ada di dekat pengguna, tulis Valve.

Jadi setelah pengguna menginstal perangkat lunak baru pada perangkatnya, Steam terlebih dahulu memeriksa apakah perangkat lunak tersebut dapat mentransfer instalasi game atau kumpulan file pembaruan melalui jaringan lokal pengguna sebelum menghubungi server konten Steam publik.

Sekarang pengguna Steam Deck bisa menyalin game ke perangkatmereka atau PC melalui jaringan lokal

Jika suatu saat salah satu perangkat yang terlibat dalam transfer terputus dari jaringan lokal pengguna, Steam akan kembali mengunduh file apa pun yang diperlukan dari internet.

Secara default, fitur ini diatur agar hanya berfungsi di antara perangkat yang masuk ke akun Steam yang sama, tetapi pengguna juga dapat mentransfer file di antara teman-teman di jaringan area lokal yang sama. Pengguna juga dapat mentransfer ke pengguna mana pun di jaringan yang sama.

(brl/red)